Analisis faktor - faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan konsumen terhadap pembelian rumah

Studi kasus di Perumahan Griya Emas Kabupaten Pamekasan

Authors

  • Fuji Santoso Institut Teknologi Dan Bisnis Nazhatut Thullab Al-Muafa Sampang
  • Zulviar Anas Institut Teknologi Dan Bisnis Nazhatut Thullab Al-Muafa Sampang

DOI:

https://doi.org/10.53088/jmdb.v1i3.323

Keywords:

Price, Building design, Physical building, Facilities, Location

Abstract

The increase in population causes an increase in the demand for housing. Many developers use the increasing need for houses to provide housing with various facilities. Various kinds of developer offer make the public as consumers are faced with several factors in the decision to buy a house. The purpose of the study was to determine the effect of price, building design, physical building, facilities, and location and to determine the dominant factors in home-buying decisions. The research method uses quantitative methods. The results showed that the price factor, the building design factor, the physical building factor, the facility factor, and the location factor influenced the decision to buy a house. The most dominant factor in influencing home-buying decisions is the price factor. Other influencing factors are location, building physical, facility, and building design factors.

References

Adzania, I. A. (2015). Pengaruh Kualitas Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pembelian Pada Produk Samsung Galaxy Young S 6310 (Studi Kasus pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta) (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA).

Anastasia, N. (2013). Peta persepsi konsumen terhadap atribut rumah tinggal di Surabaya. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 15(2), 141-152.

Anjani, G. T., & Mudakir, B. (2012). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Intensitas Pilihan Tinggal (Kasus di Perumahan Kelurahan Beringin Semarang). Diponegoro Journal of Economics, 1(1), 78-89.

Anwar, I., & Satrio, B. (2015). Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 4(12).

Bangga, R. D. (2016). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Brief Illness Perception Questionnaire (B-ipq) Versi Indonesia pada Pasien Diabetes Melitus di RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie Kota Pontianak. Jurnal Mahasiswa Farmasi Fakultas Kedokteran UNTAN, 3(1).

Fahirah, F. (2006). Sistem Utilitas pada Konstruksi Gedung. SMARTek, 8(2).

Firdaus, A., & Sutrisna, E. (2017). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Minat Konsumen Membeli Produk Perumahan (Kasus Pada Perumahan Surya Mandiri Teropong Pt. Efa Artha Utama) (Doctoral dissertation, Riau University).

Islam, M. A., & Daud, K. A. K. (2011). Factors that influence customers' buying intention on shopping online. International Journal of marketing studies, 3(1), 128.

Mahardini, I., & Woyanti, N. (2012). Analisis Pengaruh Harga, Pendapatan, Lokasi, Dan Fasilitas Terhadap Permintaan Rumah Sederhana (Studi Kasus Perumahan Puri Dinar Mas Semarang). Diponegoro Journal of Economics, 1(1), 14-24.

Maoludyo, F. T., & Aprianingsih, A. (2015). Factors influencing consumer buying intention for housing unit in Depok. Journal of Business and Management, 4(4), 484-493.

Nasution, M. F. R., & Yasin, E. (2014). Pengaruh promosi dan harga terhadap minat beli perumahan obama PT. Nailah Adi Kurnia SEI Mencirim Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 14(2).

Oetomo, W., & Lestari, A. D. (2012). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Rumah Sederhana (Studi Kasus: Perumahan Graha Arya Wiraraja, Perumahan Satelit Permai, Perumahan Griya Mapan, Perumahan Batu Kencana di Kabupaten. EXTRAPOLASI, 5(02).

Purnami, (2019). Panduan Membangun Rumah, PT Kawan Pustaka : Jakarta Selatan.

Putra, I. P., & Sugiyanto, F. X. (2014). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pemilihan Rumah Tipe 60 Di Kota Semarang (Studi Kasus Perumahan Mega Residence Di Kota Semarang) (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis).

Rahayu, E. (2018). Pengaruh lokasi, kelengkapan produk, dan pelayanan terhadap keputusan pembelian konsumen pada imam market kisaran. Journal of science and social research, 1(1), 7-12.

Secapramana, L. V. H. (2000). Model dalam strategi penetapan harga. Unitas, 9(1), 30-43.

Simbolon, H., & Nasution, I. N. (2017). Desain Rumah Tinggal Yang Ramah Lingkungan Untuk Iklim Tropis. Educational Building Jurnal Pendidikan Teknik Bangunan dan Sipil, 3(1 JUNI), 46-59.

Widyasari, S., & Fifilia, E. T. (2009). Analisis pengaruh produk, harga, promosi dan lokasi terhadap keputusan pembelian rumah (Studi pada Perumahan Graha Estetika Semarang). Telaah Manajemen, 6(2), 249074.

Yani, i. (2012). Analisis Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Melakukan Pembelian Rumah Type 36 Dan Type 45 Pada PT. Alam Prima Riau Di Pekanbaru (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarief Kasim Riau).

Downloads

Published

2021-12-29

How to Cite

Santoso, F., & Anas, Z. (2021). Analisis faktor - faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan konsumen terhadap pembelian rumah : Studi kasus di Perumahan Griya Emas Kabupaten Pamekasan. Journal of Management and Digital Business, 1(3), 163–174. https://doi.org/10.53088/jmdb.v1i3.323