Pengaruh citra destinasi, fasilitas, dan presepsi harga terhadap minat berkunjung wisatawan ke objek wisata pantai di Kabupaten Jepara
DOI:
https://doi.org/10.53088/jmdb.v4i1.789Keywords:
Destination image, Facilities, Price perception, Interest in visitingAbstract
Many factors, including destination image, facilities, and price perceptions, influence tourists' interest in visiting. Tourist destinations give a good impression, good facilities, and reasonable prices, increasing tourists' interest in coming to that place. This research examines the influence of destination image, facilities, and price perceptions on interest in visiting tourism in Jepara Regency. Data collection used the accidental sampling method, which resulted in 97 respondents. Multiple linear regression analysis was used to test the objectives of this research. The research results show no influence between destination image and price perception on tourists' interest in visiting beach tourist attractions in Jepara Regency. Meanwhile, facilities influence tourists' interest in visiting. Simultaneous results of destination image, facilities, and price perception influence tourist interest in visiting beach tourist attractions in Jepara Regency
References
Andreanto, A. (2013). Aplikasi Teori Perilaku Terencana: Niat Melakukan Physical Exercise ( Latihan Fisik ) Pada Remaja di Surabaya. Calyptra:Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 2(2), 1–12.
Armahadyani. (2017). Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Kedai Makan Pak Mur Karawang”. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Kreatif, 74.
Astuti, S. (2022). Pengaruh Harga, Lokasi Dan Citra Destinasi Terhadap Minat Berkunjung Kembali Pada Wisata Mepet Sawah Di Desa Pematang Sikek Kec. Rimba Melintang Kab. Rokan Hilir Ditinjau Menurut Ekonomi Syariah. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Fajriah, S. D., & Mussadun. (2014). Pengembangan Sarana dan Prasarana untuk Mendukung Pariwisata Pantai yang Berkelanjutan (Studi Kasus: Kawasan Pesisir Pantai Wonokerto Kabupaten Pekalongan). Jurnal Pembangunan Wilayah & Kota, 10(2), 218. https://doi.org/10.14710/pwk.v10i2.7653
Faza, H., & Ariantie, F. (2019). Analisis Permintaan Objek Wisata Hutan Tinjomoyo Kota Semarang. Diponegoro Journal of Economics, 1(1), 146–158.
Fitriani, A., & Savira, A. (2020). Strategi Pengembangan Potensi Wisata Desa Bone-Bone Kabupaten Enrekang Provinsi Sulawesi Selatan. Jurnal Al-Hikmah, 18(2), 135–150. https://doi.org/10.35719/alhikmah.v18i2.30
Fuady, I., S.P, T. R., Sunarya, M. A., & Hisyam, G. (2020). Hubungan Terpaan Promosi Wisata terhadap Minat Berkunjung ke Objek Wisata Citumang. Jurnal Pariwisata, 7(1), 44–51.
Ghozali. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21 (7th Ed.). Universitas Diponegoro.
Hanif, A., & Mawardi, A. K. M. K. (2016). Dampaknya Terhadap Loyalitas Wisatawan ( Studi pada Wisatawan Nusantara yang Berkunjung ke Kota Batu ). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 38(1), 44–52.
Indriyani, N. E., & Artanti, Y. (2020). Peran Citra Destinasi, E-Wom, Dan Travel Constraints Pada Niat Berkunjung Wisata Pantai Di Kota Surabaya, Jawa Timur. JRMSI - Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 11(2), 260–281. https://doi.org/10.21009/jrmsi.011.2.04
Irawan, A. (2017). Analisis Pengaruh Daya Tarik Wisata, Persepsi Harga, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Berkunjung Ulang Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Objek Wisata Teluk Kiluan).
Isman, I., Patalo, R. G., & Pratama, D. E. (2020). Pengaruh Sosial Media Marketing, Ekuitas Merek, Dan Citra Destinasi Terhadap Minat Berkunjung Ke Tempat Wisata. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 7(1), Inpress. https://doi.org/10.21107/jsmb.v7i1.7447
Iswidyamarsha, C., & Dewantara, Y. F. (2020). Pengaruh Fasilitas Wisata Dan Promosi Terhadap Minat Berkunjung Di Dunia Air Tawar Dan Dunia Serangga Tmii. Sadar Wisata: Jurnal Pariwisata, 3(2), 72–80. https://doi.org/10.32528/sw.v3i2.3849
Jaenudin. Muh. Taufiq. (2019). Upaya Peningkatan Pendapatan Asli Daerah melalui Pengembangan Pariwisata di Kabupaten Mamuju. Jurnal Ilmu Pemerintahan, 12(2), 67–71.
Lestari, S., Yulita, I. K., & Prabowo, T. H. E. (2022). Pengaruh Citra Destinasi, Fasilitas Wisata terhadap Minat Berkunjung Ulang (Studi kasus Wisatawan Pantai Klayar Pacitan). EXERO : Journal of Research in Business and Economics, 5(1), 1–35. https://doi.org/10.24071/exero.v5i1.5037
Maesaroh, R. (2019). Dampak Citra Destinasi, Kualitas Pelayanan Dan Harapan Wisatawan Wisata Ziarah Banten Lama Terhadap Kepuasan Wisatawan. Guepedia.
Mardiyani, Y., & Murwatiningsih. (2015). Pengaruh Fasilitas Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pengunjung Melalui Keputusan Berkunjung Sebagai Variabel Intervening Pada Objek Wisata Kota Semarang. Management Analysis Journal, 4(1), 65–75.
Miarsih, G. S., & Anwani. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Berkunjung Wisatawan Ke Obyek Wisata Religi Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta. Journal of Tourism and Economic, 1(2), 120.
Moha, S., & Loindong, S. (2016). Analisis Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Yuta Di Kota Manado. Jurnal EMBA, 4(1), 575–584.
Mokoginta, R. A., Poluan, R. J., & Lakat, R. M. . (2020). Pengembangan kawasan wisata bahari (Studi : Kecamatan Nuangan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur). Spasial, 7(3), 325–334.
Mulyati, Y., & Afrinata, M. (2018). Analisis Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Minat Berkunjung Kembali Pada Destinasi Wisata Pantai Carocok Painan Kabupaten Pesisir Selatan (Studi Kasus Pada Wisatawan Domestik). Jurnal Akuntansi, Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 6(2), 191–200. https://doi.org/10.30871/jaemb.v6i2.1014
Natalia, M. C. (2018). Pengaruh sektor pariwisata terhadap kesejahteraan masyarakat di malang raya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 6, 2.
Ningsih, E. R. (2010). Perilaku Konsumen. Nora Media Enterprise.
Nurmala, N., Sullaida, S., & Damanhur, D. (2022). Pengaruh Fasilitas Wisata, Daya Tarik Wisata Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Wisata Pantai Ujong Blang Lhokseumawe. E-Mabis: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 23(2), 73–78. https://doi.org/10.29103/e-mabis.v23i2.861
Prawibowo, D., & Purnamasari, O. (2018). Strategi Kementrian Pariwisata Indonesia Dalam Branding Wonderful Indonesia Melalui Media Sosial. Jurnal Persektif Komunikas, 1(3).
Putri, R. A., Farida, N., & Dewi, R. S. (2017). Pengaruh Citra Destinasi, Fasilitas Wisata dan Experiential Marketing Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan (Studi Pada Pengunjung Domestik Taman Wisata Candi Borobudur). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 024, 4.
Rahma, F. N., & Handayani, H. R. (2013). Pengaruh Jumlah Kunjungan Wisatawan, Jumlah Obyek Wisata dan Pendapatan Perkapita Terhadap Penerimaan Sektor Pariwisata di Kabupaten Kudus. Diponegoro Journal Of Economics, 2(2), 1–9.
Restanti, B. M. C., & Sembada, G. G. (2016). Identitas Visual Pariwisata Kabupaten Tegal. EProceedings of Art & Design, 3(3), 665–667.
Rosita, R., Marhanah, S., & Wahadi, W. H. (2016). Pengaruh Fasilitas Wisata dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Di Taman Margasatwa Ragunan Jakarta. Jurnal Manajemen Resort Dan Leisure, 13(1), 63.
Ryandana, A., Hermuningsih, S., & Sari, P. P. (2023). Dampak Motivasi Investasi, Literasi Keuangan, dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Investasi Anak Milenial. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 7(1), 226. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v7i1.818
Satria, A. A. (2017). Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Perusahaan A-36. PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 2(1), 47.
Satrio, M. A. (2021). Upaya Pemerintah Indonesia dalam Meningkatkan Pariwisata Mandalika Melalui Kerangka Branding ‘ Wonderful Indonesia .’ 6(1), 65–85.
Sitanggang, D. A., Sunarti, S., & Pangestuti, E. (2020). Pengaruh Citra Destinasi , Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Wisatawan dan Niat Berperilaku Wisatawan. Jurnal Aplikasi Manajemen, 61–77.
Sumarwan, U. (2014). Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Ghalia Indonesia.
Susanto, B., & Nursamsu. (n.d.). Pengaruh Bauran Pemasaran Dan Citra Destinasi Terhadap Minat Berkunjung Kembali Di Desa Wisata Selo Park Nganjuk. Jurnal Riset Entrepreneurship 3, 1.
Wibowo, S. F., Sazali, A., & Kresnamurti R. P., A. (2016). the Influence of Destination Image and Tourist Satisfaction Toward Revisit Intention of Setu Babakan Betawi Cultural Village. JRMSI - Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 7(1), 136–156. https://doi.org/10.21009/jrmsi.007.1.08
Zainal, V. R., Djaelani, F., Basalamah, S., Yusran, H. L., Veithzal, A. P., & Sari, Y. nur I. (2017). Islamic Marketing Managemen: Mengembangkan Bisnis dengan Hijrah ke Pemasaran Islami Mengikuti Praktik Rasulullah SAW. PT. Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Elvira Ulil Afidah, Agung Slamet Sukardi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright @2021. This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License ( https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/)
Indonesian Journal of Economics Studies is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.