Analisis determinan keputusan pembelian produk mie instan pada masyarakat Kecamatan Susukan
DOI:
https://doi.org/10.53088/jmdb.v1i3.126Keywords:
Halal label, Price, Consumer buying interest, Purchasing decisionAbstract
This study aims to determine the effect of halal labels, brands, and prices on purchasing decisions for Mie Sedaap products with purchase intention as a mediating variable. The samples taken were 96 respondents with a purposive sampling technique. The data analysis method used is path analysis. The results show that the halal label variable does not affect purchasing decisions. Variable brand, price, and consumer buying interest significantly positively affect purchasing decisions. Consumer buying interest does not mediate the influence of the halal label on purchasing decisions, while consumer buying interest mediates the influence of brand and price on purchasing decisions.
References
Andriana, N. C., & Ngatno. (2020). Pengaruh Brand Image Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Administrasi Bisnis, 9, 198–208.
Augustinah, F., & Dwijosusilo, K. (2018). Pengaruh Label Halal Dan Religiusitas Terhadap Minat Beli Dan Keputusan Pembelian (Studi Pada Wardah Beauty House Surabaya). Jurnal Sketsa Bisnis, 5(1), 49–59.
Deisy, M., Lapian, J., & Mandagie, Y. (2018). Analisis Citra Merek, Harga Produk Dan Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung Pada Seluruh Gerai  Gerai Seluler Di It Center Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4), 2288–2297. https://doi.org/10.35794/emba.v6i4.20997
Desmayonda, A., & Trenggana, A. F. M. (2019). Pengaruh Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Intervening Di Mujigae Resto Bandung. Ekonomi Dan Bisnis, 12(1), 1–95.
Fristiana, D., Prihatini, A., & Listyorini, S. (2012). Pengaruh Citra Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Ramai Swalayan Peterongan Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis S1 Undip, 1(1), 118–127.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23 Edisi 8 (8th ed.). Semarang: Badan Peneliti Universitas Diponegoro.
Habibah, A. (2020). Analisis Labelisasi Halal, Harga dan Rasa Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Mie. Jurnal QIEMA (Qomaruddin Islamic Economy Magazine), 6(1), 59–84.
Hanjaya, S. (2016). Pengaruh kualitas produk, pengetahuan produk dan keragaman menu terhadap keputusan pembelian produk capra latte. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 1(2), 181–190.
Hidayati, T. A., Suharyono, & Fanani, D. (2013). Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli dan Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 2(1), 1–116.
Imamuddin, M. (2017). Pengaruh label halal dan religiusitas terhadap keputusan pembelian mie instan mahasiswa IAIN Bukittinggi T.A 2016/2017. Ekonomika Syariah, 1(1), 34–47.
Kamilah, G., Wahyuati, A., & Sekolah. (2017). Pengaruh Labelisasi Halal Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 6(2), 1–18.
Lestari, J., Hufron, M., & Khoirul, M. (2018). Pengaruh Label Halal Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Indomie. Jurnal Riset Manajemen, 7, 63–75.
Lubis, D. I. D., & Hidayat, R. (2015). Pengaruh Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma Medan. Dictionary of Statistics & Methodology, 5(1), 15–24. https://doi.org/10.4135/9781412983907.n1598
Maharani, R. D. (2018). Pengaruh Gaya Hidup, Label Halal Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Medan Area Medan. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 2(031), 130.
Nafilah, K., Widarko, A., & Suharto, M. K. A. B. (2015). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Dan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Study Kasus Pada Mahasiswa Feb Universitas Islam Malang Yang Mengkonsumsi Mie Instan). Jurnal Riset Manajemen, 53(9), 1689–1699.
Periyadi, Junaidi, & Maulida, N. (2020). Pengaruh Strategi Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Yang Dimediasi Oleh Minat Beli Kain Sasirangan Bordir. Jurnal Ilmiah Manajemen, 4(2), 152–162. https://doi.org/10.31602/atd.v4i2.2907
Prastika, E. L., & Harti. (2017). Pengaruh Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Mie Rampok Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 6, 5–9.
Prastiwi, Y. N. (2018). Pengaruh Label Halal Dan Citra Merek Terhadap Perilaku Pembelian Kosmetik Sari Ayu dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderating.
Rahmawati. (2018). Pengaruh Harga Dan Minat Beli Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Shopee. Jurnal Riset Sains Manajemen, 2, 143–150.
Rosdiana, E., Suharno, H., & Kulsum, U. (2018). Pengaruh harga, keanekaragaman produk, dan minat beli terhadap keputusan pembelian pada toko online shopee. Jurnal Ekonomi Bisnis, 24, 13–23.
Sanjaya, S. (2015). Pengaruh Promosi Dan Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt. Sinar Sosro Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 16(02), 108–122.
Sartika, D. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Ulang Produk You C 1000 Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Konsumen. Jurnal Penelitan Ekonomi Dan Bisnis, 2(1), 10–21. https://doi.org/10.33633/jpeb.v2i1.2231
Seni, N. N. A., & Ratnadi, N. M. D. (2017). Theory of Planned Behavior Untuk Memprediksi Niat Berinvestasi. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 12, 4043. https://doi.org/10.24843/eeb.2017.v06.i12.p01
Soewito, Y. (2013). Kualitas Produk, Merek Dan Desain Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Mio. Jurnal EMBA, 1(3), 218–229.
Syaleh, H. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Tempat Pendistibusian Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Pada Perusahaan Tjahaja Baru Bukittinggi. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 1(1), 68–82. https://doi.org/10.31539/costing.v1i1.16
Tengor, G., Kawet, L., & Loindong, S. (2016). Pengaruh Merek, Desain Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Iphone Studi Kasus Pada Mahasiswa Stie Eben Haezar Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(4), 367–375.
Venessa, I., & Arifin, Z. (2017). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) dan Harga terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang Tahun Angkatan 2013/2014 dan 2014/2015 Pengguna Kartu Pra-B. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 51(1), 44–48.
Widyaningrum, P. W. (2016). Pengaruh label halal dan celebrity endorser terhadap keputusan pembelian (survei pada koncumen Wardah Ponorogo). Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia, Volume VI(2), Hal 83-98.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Zidna Arifata, Taufikur Rahman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
The author(s) retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC BY-SA 4.0 license that allows others to remix, adapt, and build upon the work even for commercial purposes, as long as they credit the author(s) and license their new creations under the identical terms.
License details: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/
Most read articles by the same author(s)
- Ana Novika Stefani, Taufikur Rahman, Peran bias perilaku dalam hubungan antara literasi keuangan, karakteristik sosiodemografi dan locus of control dengan keputusan investasi saham syariah , Journal of Management and Digital Business: Vol. 3 No. 2 (2023): Journal of Management and Digital Business