Tingkat kepuasan konsumen dalam belanja di Ayam Penyet Surabaya: Pengaruh label halal, kualitas pelayanan Islami, dan atmosfer toko
DOI:
https://doi.org/10.53088/jhis.v1i1.431Keywords:
Halal Label, Islamic Service quality, Store atmosphere, Repurchase intention, Consumer satisfactionAbstract
This research aims to determine the influence of halal labels, Islamic service quality, and store atmosphere on repurchase intention, with consumer satisfaction as an intervening variable. The number of samples in this research was 100 respondents. The data analysis technique was carried out using path analysis. The research results show that the halal label is insignificant to consumer satisfaction, while Islamic service quality and Store Atmosphere are significant. Islamic service quality has a positive effect on repurchase intention. The Store Atmosphere halal label is not significant in repurchase interest. Consumer satisfaction has a positive effect on repurchase interest. Halal labels cannot be mediated by repurchase interest, while Islamic service quality and store atmosphere can be mediated by consumer satisfaction with repurchase intention.
References
Aditi, B. (2017). Analisis Pengaruh Inovasi Produk, Harga, Dan Sertifikasi Halal Terhadap Minat Beli Ulang Melaluikepuasan Konsumen Umkm Di Kota Medan.
Amalina, S. Z., Hartono, S., & Damayanti, R. (2020). Kepuasan Konsumen Ditinjau Dari Kualitas Pelayanan, Store Atmosphere Dan Promosi Di Rumah Makan Pondok Jowi Solo. Jurnal Ilmiah Edunomika, 4(02), 466087.
Anggara, M. R. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan islami terhadap kepuasan konsumen(Study Pada Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo Klojen Kota Malang). University Of Muhammadiyah Malang, 634.
Anggraini, N. P., & Suryoko, S. (2018). Pengaruh Labelisasi Halal, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepusan Pelanggan (Studi Pada Konsumen Kosmetik Sariayu Di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 7(3), 359–369.
Aritonang, C. N. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen melalui keputusan pembelian sebagai variabel intervening pada wisma An Nur Kota Baru (Vol. 21, Issue 1).
Aryanti, & Safira, R. (2020). Pengaruh Store Atmosphere, Kualitas Produk Dan Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Ulang. In Unisbank.
Astuti, S. I., Arso, S. P., & Wigati, P. A. (2020). Persepsi Harga dan Kualitas Pelayanan Islami terhadap Minat Beli Produk Punkpink’s Secara Online. In Persepsi Harga dan Kualitas Pelayanan Islami terhadap Minat Beli Produk Punkpink’s Secara Online.
Bahar, A., & Sjahruddin, H. (2015). Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen dan minat beli ulang. Jurnal Organisasi Dan Manajemen, 3, 14–34.
Christian, R., & Sondang, Y. (2013). Pengaruh Kualitas Layanan Rumah Makan Bromo Asri Terhadap Kepuasan. Jurnal Manajemen Pemasaran, 1(1), 1–10.
Firdaus, F. (2020). Pengaruh Persepsi Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Minat Pembelian Ulang Produk Private Label Indomaret (Studi Pada Konsumen Indomaret Di Kecamatan Telanaipura Kota Jambi). Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 9(1), 1–14. https://doi.org/10.22437/jmk.v9i1.9234
Hamidiyah, I. S., Sugi, L., & Ningsih, R. (2020). Pengaruh Store Atmosphere dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen. BIMA : Journal of Business and Innovation Management, 2, 296–310.
Harahap, A. (2018). Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Minat Beli (Studi Pada Konsumen Pizza Hut Kota Medan). JRAM (Jurnal Riset Akuntansi Multiparadigma), 5(2).
Haris, R., & Lasika, M. D. (2019). Pengaruh Kepercayaan Merek, Kualitas Pelayanan Islami Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Outlet Rabbani Di Kota Jambi. ILTIZAM Journal of Shariah Economics Research, 3(2), 57–80.
Hidayat, R., & Resticha, D. (2019). Analisis Pengaruh Variasi Produk Dan Labelisasi Halal Terhadap Kepuasan Konsumen Untuk Meningkatkan Minat Beli Ulang Pada Kosmetik Wardah. Journal of Applied Business Administration, 3(1), 40–52. https://doi.org/10.30871/jaba.v3i1.1282
Huda, I. U., Karsudjono, A., & Darmawan, R. (2020). Pengaruh Store Athmosphere Dan Brand Awereness Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Pada Warung Kopi 88 Banjar Indah Permai Melalui Kepuasan Konsumen. Jurnal Mitra Manajemen, 4(4), 492–508.
Imran, M. I. A. (2018). Pengaruh kepuasan pelanggan terhadap minat beli ulang makanan di rumah makan ayam bakar wong solo alauddin kota makassar. Jurnal Profitability Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, 2(1), 50–64.
Islamiyah, N., Hidayati, N., & Rizal, M. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi, Dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli Ulang (Studi Kasus Pada Pengguna E-Commerce Shopee Mahasiswa Universitas Islam Malang). E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 9(16).
Kristanto, J. (2018). Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Cafe One Eighteenth Coffee. Agora, 6(1), 287217.
Kristiana, M. (2017). Pengaruh Store Atmosphere Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Cafe Heerlijk Gelato Perpustakaan Bank Indonesia Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 5(1).
Kurniawati, L. (2018). Pengaruh Label Halal dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Kosmetik Wardah pada Mahasiswa IAIN Ponorogo. IAIN PONOROGO.
Meldarianda, R., Lisan, H., & Kristen, U. (2010). Pengaruh store atmosphere terhadap minat beli konsumen pada resort café atmosphere Bandung. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi (JBE), 17(2), 97–108.
Muhammad, N. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan Islami Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pengguna Elektronik Maal (E-Maal). IAIN Jember.
Mulyana, A., & Andreani, F. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Pelanggan Shao Kao Kertajaya Melalui Kepuasan Pelanggan. Agora, 7(2).
Nugraha, R. (2016). Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Minat Beli Konsumen (Vol. 1). Universitas Brawijaya.
Prabowo, S. A. (2018). Pengaruh Suasana Toko, Kualitas Pelayanan, Kepercayaan Dan Presepsi Harga Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Mirota Kampus Godean. Jurnal Ekobis Dewantara, 1(7), 115–126.
Purwaningsih, A. (2011). Pengaruh Suasana Toko Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Swalayan Jadi Baru di Kebumen. SEGMEN Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 9(1), 1–11.
Purwaningsih, A. (2013). Pengaruh Suasana Toko Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Swalayan Jadi Baru Di Kebumen. SEGMEN: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 9(1).
Putra, R. P., & Herianingrum, S. (2015). Pengaruh kualitas pelayanan Islami terhadap kepuasan dan loyalitas nasabah Bank BRI Syariah Surabaya. Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 1(9).
Ramadhani, D. S. (2020). Internalisasi Nilai-Nilai Etika Bisnis Islam Dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia ( Studi Kasus Ayam Penyet Surabaya Cabang Purwokerto Utara ). IAIN Purwokerto.
Rinaldi, A., & Santoso, S. B. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Informasi, Kualitas Sistem Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pelanggan Traveloka Di Kota Semarang). Diponegoro Journal of Management, 7(2), 1–14.
Rosita, R. (2016). Pengaruh Lokasi, Kelengkapan Produk, Kualitas Produk, Pelayanan, Harga, Dan Kenyamanan Berbelanja terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Pada Lotte Mart Bekasi Junction. Jurnal Ilmiah WIDYA Ekonomika, 1(2), 98–103.
Sauri, S. (2016). Analisis pengaruh kualitas pelayanan islami terhadap kepuasan dan kepercayaan anggota di pusat koperasi syariah alkamil jawa timur. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Sembiring, I. J., & Kusmawati, A. (2014). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan. Jurnal Administrasi Bisnis, 15.
Shoifuro, I., & Canggih, C. (2020). Hubungan Kualitas Pelayanan Islami dan Citra Biro Perjalanan (Travel) Terhadap Keputusan Jamaah dalam Menggunakan Biro Perjalanan (Travel) Haji dan Umrah. MALIA, 12(1), 39–52.
Sholikah, I., Safitri, U. R., & TNK, A. F. A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Konsumen Paras Snack Di Kabupaten Boyolali Tahun 2019). EKOBIS: Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi, 8(2), 41–48.
Soleha, I., Arifin, R., & Slamet, A. R. (2017). Pengaruh Citra Merek Dan Persepsi Label Halal Terhadap Minat Pembelian Ulang Produk Kosmetik Zoya Malang. E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 6(02).
Subarkah, A. R. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Pembelian Ulang Pada Rumah Makan Puti Minang Raja Basa Bandar Lampung Dalam Perspektif Ekonomi Islam. In Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Sugiyono. (2012). Penelitian Kuantitatif ,Kaulitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Pendidikian (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Penerbit CV (ed.)). Alfabeta.
Ulumiyah, F. (2020). Pengaruh Atmosfer toko, Brand image dan kualitas pelayanan terhadap minat beli ulang dengan kepuasan konsumen sebagai variabel intervening. Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.
Yoeniargo, Y. D., & Dyatmika, S. W. (2020). Pengaruh produk, testimoni dan store atmosphere terhadap minat beli ulang di kafe warunk upnormal gresik. Journal of Sustainability Business Research, 1(1), 12–18.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Ryan Safrudin, Saifudin Saifudin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright @2021. This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License ( https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/)
Journal of Halal Industry Studies is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Most read articles by the same author(s)
- Aprila Gusti Winasa, Saifudin Saifudin, Faktor-faktor yang mempengaruhi Keputusan pembelian halal food di E-commerce di Kota Salatiga , Journal of Halal Industry Studies: Vol. 1 No. 2 (2022): Journal of Halal Industry Studies