Dapatkah religiusitas memoderasi promosi, karakteristik syariah marketing dan kepercayaan terhadap minat masyarakat menabung di bank syariah?

Authors

  • Zakiyatunnaja Zakiyatunnaja Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Salatiga
  • Abdul Aziz Nugraha Pratama Fakultas Eknomi dan Bisnis Islam, IAIN Salatiga

DOI:

https://doi.org/10.53088/jmdb.v2i1.141

Keywords:

Promotion, Characteristics of sharia marketing, Trust, Interest in Savings

Abstract

This study aims to determine the influence of promotion factors, marketing sharia characteristics, and trust in the intention to save in Islamic banks with religiosity as a moderator. This study uses quantitative methods by processing primary data through questionnaires given to the people of Wonosegoro District, Boyolali Regency, who have become customers of Islamic banks. The analytical method used is the MRA (Moderated Regression Analysis) method. Based on the research tests, the results showed that promotion has a negative and insignificant effect on the intention to save. The characteristics of marketing sharia have a positive and significant effect on the intention to save. Trust has a positive and significant effect on the intention to save. The religiosity variable does not moderate promotion, characteristics of Islamic marketing, and belief in the interest in saving.

References

Aisya, S., & Riyadi, Y. A. (2020). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Menabung Masyarakat Kelurahan Siranindi Di Bank Muamalat Indonesia Palu Sulawesi Tengah. Al-Kharaj: Journal of Islamic Economic and Business, 2(1), 16–33. https://doi.org/10.24256/kharaj.v2i1.1192

Aziz, N., & Hendrastyo, V. S. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan, Kepercayaan Dan Promosi Terhadap Minat Nasabah Menabung Pada Bank Syariah Cabang Ulak Karang Kota Padang. Jurnal Pundi, 3(3), 227. https://doi.org/10.31575/jp.v3i3.183

Bawono, Adhi, Arif, K., & Kurniawan, Y. J. (2018). Pengaruh Perilaku Konsumen, Brand Image dan Situs Belanja Online (Studi Kasus Belanja Online XYZ). 2(2), 131–144.

Bawono, Anton. (2006). Mulltivariate Analysis Dengan SPSS. Salatiga: Stain Salatiga Press.

Diza, F., & Ogi, S. M. I. W. J. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi pada PT. FIFGROUP Cabang Manado). 4(1), 58.

Djamaluddin Ancok, & Suroso, F. N. (2011). Psikologi Islami. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Gunawan, K. A. P., Purnami, A. . S., & Senimantara, N. (2020). Pengaruh Faktor Promosi, Pelayanan, Produk, dan Suku Bunga Terhadap Minat Menabung Mahasiswa Pada Bank Umum ( Studi Kasus BNI 46). Warmadewa Economic Development Journal (WEDJ), 3(2), 45–51. https://doi.org/10.22225/wedj.3.2.2267.45-51

Hasanah, K. (2016). Pengaruh Karakteristik Marketing Syariah terhadap Keputusan menjadi Nasabah BMT UGT Sidogiri Cabang Pamekasan. IQTISHADIA: Jurnal Ekonomi & Perbankan Syariah, 3(1), 26. https://doi.org/10.19105/iqtishadia.v3i1.1051

Hasugian, P. S. (2018). Perancangan Website Sebagai Media Promosi Dan Informasi. Journal Of Informatic Pelita Nusantara, 3(1), 82–86.

Jannah, M., & Ashal, F. F. (2019). Analisis penerapan bauran pemasaran (marketing mix) berbasis syariah dalam meningkatkan minat beli konsumen pada produk nozy juice di kota banda aceh. Jihbiz, 1(1), 47–66.

Kasmir. (2016). Pengantar Manajemen Keuangan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Khotimah, N. (2018). Pengaruh Religiusitas, Kepercayaan, Citra Perusahaan, Dan Sistem Bagi Hasil Terhadap Minat Nasabah Menabung Dan Loyalitas Di Bank Syariah Mandiri. Jurnal Ilmu Ekonomi & Manajemen, 05(01), 37–48.

Mubin, M. N. (2019). Pengaruh Promosi, Pengetahuan Dan Citra Perusahaan Terhadap Minat Masyarakat Menjadi Nasabah Bank Syariah Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderasi (Studi kasus Masyarakat Desa Regunung).

Muchlasin. (2018). Consumer Behavior. Salatiga: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.

Muhyidin. (2017). Pengaruh Citra Perusahaan, Pengetahuan Produk Bank, Kepercayaan, Dan Pelayanan Terhadap Minat Menjadi Nasabah Bank Syariah Dengan Religiusiutas Sebagai Variabel Moderating ( Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Nege.

Musdalifah. (2018). Pengaruh Karakteristik Sharia Marketing Terhadap Minat Menabung Nasabah (Studi di BRI Syariah Pinrang. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Nurrohmah, Resti Fadhilah, R. P. (2018). Jurnal Maps (Manajemen Perbankan Syariah). (1), 15–30.

Ojk.go.id. (2020). Snapshot Perbankan Syariah Indonesia 2020.

Ortega, D., & Alhifni, A. (2017). Pengaruh Media Promosi Perbankan Syariah Terhadap Minat Menabung Masyarakat Di Bank Syariah. EQUILIBRIUM: Jurnal Ekonomi Syariah, 5(1), 87–98.

Pratama, A. A. N. (2014). Pengaruh spiritualitas, intelektualitas, dan profesionalisme terhadap kinerja dosen STAIN Salatiga. INFERENSI: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 8(2), 415–436.

Ramadhani, N. ’aini I., Susyanti, J., & ABS, M. K. (2019). Analisis Pengaruh Tingkat Religiusitas, Pengetahuan Dan Lingkungan Sosial Terhadap Minat Menabung Mahasiswa Di Bank Syariah Kota Malang (Studi Kasus Pada Mahasiswa Banyuwangi Di Kota Malang). 79–87.

Setyawan, Y. N., & Japarianto, E. (2014). Analisa Pengaruh Kepercayaan , Jaminan Rasa Aman , dan Aksesbilitas terhadap Minat Menabung Nasabah Bank Danamon di Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 2(1), 1–8.

Setyoparwati, I. C. (2019). Pengaruh Dimensi Kepercayaan (Trust) Konsumen Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada e-commers di Indonesia. 3(3), 111–119.

Soegiri, I. (2019). Pengaruh Promosi, Karakteristik Pemasaran Islam Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Menabung Masyarakat Pada Bank Syariah Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderating (Studi Kasus Masyarakat Kota Salatiga). Skripsi. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, 53(9), 1689–1699.

Suprihati, S., Sumadi, S., & Tho’in, M. (2021). Pengaruh Religiusitas, Budaya, Pengetahuan Terhadap Minat Masyarakat Menabung di Koperasi Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(1), 443. https://doi.org/10.29040/jiei.v7i1.1627

Syahputra, R. (2019). Strategi Pemasaran Dalam Alquran Tentang Promosi Penjualan. Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 6(2), 83–88. https://doi.org/10.36987/ecobi.v6i2.8

Tijiptono, F. (2000). Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi Yogyakarta University.

Usman, H., Sobari, N., & Sari, L. E. (2019). Sharia motivation in Muslim tourism definition, is it matter? Journal of Islamic Marketing, 10(3), 709–723.

Zain, S. (2020). Pengaruh Persepsi Santri, Religiusitas Dan Promosi Bank Syariah Terhadap Minat Menabung Santri Pada Produk Simpanan Pelajar (Studi Pada Santri Pondok Pesantren Al-Mukhlishin).

Downloads

Published

2022-04-29

How to Cite

Zakiyatunnaja, Z., & Pratama, A. A. N. (2022). Dapatkah religiusitas memoderasi promosi, karakteristik syariah marketing dan kepercayaan terhadap minat masyarakat menabung di bank syariah?. Journal of Management and Digital Business, 2(1), 48–60. https://doi.org/10.53088/jmdb.v2i1.141