Analisis Determinan Keputusan Pembelian: Kualitas Produk, Label Halal, Harga, dan Inovasi dalam Konteks HNI di Ungaran Timur
DOI:
https://doi.org/10.53088/jhis.v3i1.999Keywords:
Product Quality, Halal Label, Price, Product Innovation, Purchase DecisionAbstract
This research analyzes the influence of product quality, halal label, price, and product innovation on consumer decisions to purchase HNI products. The data collection method uses a questionnaire where the population is consumers who have used HNI products in the East Ungaran District, Kab. Semarang. By using 50 respondents as samples. This research shows that product quality has a positive and insignificant effect on consumer purchasing decisions for HNI products in the East Ungaran District, Kab. Semarang. Halal labels have a positive and negligible effect on consumer purchasing decisions for HNI products in the East Ungaran District, Kab. Semarang. Price has no positive or significant influence on consumer purchasing decisions for HNI products in the East Ungaran District, Kab. Semarang. Product innovation significantly affects consumer purchasing decisions for HNI products in the East Ungaran District, Kab. Semarang.Keywords: Product Quality, Halal Label, Price, Product Innovation, Purchase Decision.
References
Ababil, R., Muttaqien, F., & Nawangsih, N. (2019). Analisis Kualitas Produk, Word Of Mouth, dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian Merek Senduro Coffee. Progress Conference, 2(1), 572–581.
Adinugraha, H. H., Isthika, W., & Sartika, M. (2017). Persepsi Label Halal Bagi Remaja Sebagai Indikator Dalam Keputusan Pembelian Produk: As a Qualitative Research. Perisai : Islamic Banking and Finance Journal, 1(3). https://doi.org/10.21070/perisai.v1i3.1365
Anggraeni, D. P., Kumadji, S., & Sunarti, S. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan (Survei Pada Pelanggan Nasi Rawon Di Rumah Makan Sakinah Kota Pasuruan). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 37(1), 171–177.
Anggraeni, Z. (2017). Pengaruh Label Halal, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Kosmetik Wardah. Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Bulan, T. P. L. (2016). Pengaruh Labelisasi Halal terhadap Keputusan Pembelian Sosis di Kuala Simpang Kabupaten Aceh Tamiang. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 5(1), 431–439.
Darmawan, I. (2022). Pengaruh Inovasi Produk, Kualitas Produk, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Krupuk Bocah Tua Di Hokky Graha Family Surabaya. Universitas Bhayangkara Surabaya.
Desmayonda, A., & Trenggana, A. (2019). Pengaruh Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Intervening Di Mujigae Resto Bandung. Dinamika Ekonomi: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 12(1), 180–196.
Dhewanto, W. (2015). Manajemen inovasi untuk usaha kecil dan mikro. Alfabeta.
Diza, F., Moniharapon, S., & Ogi, I. W. J. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Pt. Fifgroup Cabang Manado). Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 4(1), 001–130. https://doi.org/10.35794/emba.4.1.2016.11568
Furqon, I. N. (2020). Pengaruh Sertifikasi Halal, Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk Herbal HPAI Di Boyolali Dengan Citra Merek Sebagai Variabel Intervening. UIN Salatiga.
Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas diponegoro.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 (9th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Kotler P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management 15th (Global Edi). Pearson Education Limited.
Kotler Philip, & Keller, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran (13th, Jilid ed.). Erlangga.
Listighfaroh, M. I. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sabun Cair Feira White Shower Cream Di Surabaya. Repository Universitas Wijaya Putra.
Maharani, A. (2017). Pengaruh Inovasi Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Matic Yamaha Mio M3 125 Bluecore (Studi Di Dealer Yamaha Surabaya Selatan). Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 5(4).
Maiza, F., Sutardjo, A., & Hadya, R. (2022). Pengaruh Kualitas Dan Harga Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Toko Nazurah Hijab Di Kubang Tungkek Kabupaten Lima Puluh Kota. Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen Dan Bisnis), 4(2).
Manuntung, A. (2018). Terapi Perilaku Kognitif pada Pasien Hipertensi. Wineka Media.
Maulana, H., Eva Oktaviani, N., & Handayani, N. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee. Jurnal Bisnis Dan Manajemen West Science, 1(1), 51–62.
Mongi, L., Mananeke, L., & Repi, A. (2013). Kualitas Produk, Strategi Promosi Dan Harga Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Simpati Telkomsel Di kota Manado. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(4), 2264–2381.https://doi.org/10.35794/emba.1.4.2013.3490
Muttaqin, M. K. U. (2022). Pengaruh Label Halal, Harga, Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Milagros Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderating. UIN Salatiga.
Naksir, I., Wolok, T., & Niode, I. Y. (2022). Pengaruh Inovasi Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian DKI Martabak Mini Kota Gorontalo. JAMBURA: Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 5(1), 102–108. https://doi.org/10.37479/jimb.v5i1.14248
Nurika, A. A. S., & Rachmi, A. (2022). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Sejuk Di Amstirdam Coffee. Jurnal Aplikasi Bisnis, 8(2). /https://doi.org/10.33795/jab.v8i2.441
Octaviani, N. W., & Sumitro. (2020). Pengaruh Gaya Hidup , Label Halal , Brand Ambassador , Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian. Manajemen, 1–17.
Oktaviani, N. (2019). Pengaruh Label Halal Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Olahan Impor (Pada Masyarakat Muslim Kota Metro). Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro.
Prasetyo, B. D. (2020). Komunikasi pemasaran terpadu: (pendekatan tradisional hingga era media baru). UMM Press.
Prastiwi, Y. N. (2018). Pengaruh Label Halal Dan Citra Merek Terhadap Perilaku Pembelian Kosmetik Sariayu Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderating. UII.
Putti, A. R. (2020). Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Usaha Kreatif All Craftsupply Kota Jambi. Jurnal Dinamika Manajemen, 8(4). https://doi.org/10.22437/jdm.v8i4.24968
Rangkuti, F. (2010). Strategi Promosi dan Kreatif. Gramedia Pustaka Utama.
Sadzalia, S. (2015). Pengaruh label halal dan religiusitas terhadap keputusan pembelian produk kosmetik di Kota Malang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Shelma, T., Nuringwahyu, S., & Krisdianto, D. (2022). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Toko Buah Nanasku). JIAGABI (Jurnal Ilmu Administrasi Niaga/Bisnis), 11(1).
Sifa, R. (2016). Analisis Pengaruh Inovasi Produk, Persepsi Harga, Lokasi dan Word Of Mouth Terhadap Proses Keputusan Pembelian Venus Bakery (Studi Kasus Pada Konsumen Venus Bakery Jalan Pajajaran Bogor Timur). UIN Jakarta.
Slamet. (2023). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Keputusan Pembelian Produk Makanan Halal di Kota Semarang. UBMJ (Upy Business And Management Journal), 2(1). https://doi.org/10.31316/ubmj.v2i1.3126
Sonia Cipta Wahyurini, & Trianasari, N. (2020). Analisis Pengaruh Label Halal Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah. Jurnal Mitra Manajemen, 4(1), 39–50. https://doi.org/10.52160/ejmm.v4i1.321
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.
Sugiyono. (2019). Statistika untuk Penelitian. CV Alfabeta.
Sumarwan, U. (2014). Perilaku Konsumen, Teori dan Penerapan Dalam Pemasaran. Ghalia Indonesia.
Supriatna, Y., Adiyanto, Y., & Sunaryo, D. (2019). Induksi Manajemen Pemasaran. Qiara Media.
Susilo, H., Haryono, A. T., & Mukeri, M. (2018). Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, Promosi, Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Keputusan Berkunjung Sebagai Variabel Intervening Di Hotel Amanda Hills Bandungan. Journal of Management, 4(4).
Syahputra, A., & Hamoraon, H. D. (2014). Pengaruh Labelisasi Halal terhadap Keputusan Masyarakat Kecamatan Perbaungan dalam Pembelian Produk Makanan dalam Kemasan. Jurnal Ekonomi Dan Keuangan, 2(8).
Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran (3rd ed.). Andi Offset.
Umaternate, M. M. I., Tumbuan, W. J. A., & Taroreh, R. (2014). Promosi, Harga, Dan Inovasi Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Futsal Nike Di Toko Akbar Ali Sport Manado. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(2), 1339–1471. https://doi.org/10.35794/emba.2.2.2014.4757
Widjojo, H., Widjaja, S., Poniman, R., Handoko, R., Wibobo, A. I., & Hartono, S., et al. (2017). Sari-sari Pemasaran & Aplikasinya didunia bsinis . Peasetiya Mulya.
Widyarani, N. (2009). Psikologi Populer : Kunci Pengembangan Diri. PT Elex Media Konputindo.
Yanti, D., & Wiyadi. (2014). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Produk Oriflame Studi Kasus pada Konsumen Pengguna Produk Oriflame. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Yunus, N. S. N. M., Rashid, W. E. W., Ariffin, N. M., & Rashid, N. M. (2014). Muslim’s Purchase Intention towards Non-Muslim’s Halal Packaged Food Manufacturer. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 130, 145–154. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.04.018
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Iin Suryani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright @2021. This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License ( https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/)
Journal of Halal Industry Studies is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.