Pedagang Pasar Bringin: Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan penggunaan produk Bank Syariah
DOI:
https://doi.org/10.53088/jhis.v2i1.754Keywords:
Knowledge, Social Environment, Religiosity, Trader's Decision, InterestsAbstract
This research is inspired by which Pasar Bringin as the center of the economy as many many traders are no aware to the prductt of Syarah Bank. This is due to public knowledge about Islamic banks is still poor and the social environment is less supportive. People still use traveling bank as capital loan in the market. The sample in this study were traders in Pasar Bringin in 93 respondents. The results show that: Knowledge has a positive and significant effect on the decisions of market traders in using Islamic Bank products, Social environment has a positive and significant effect on the decisions of market traders in using Islamic Bank products, Religiosity has a positive and significant effect on market traders' decisions in using Islamic Bank products. In general, interest is able to mediate the influence of knowledge, social environment, and religiosity on the decisions of market traders in using Islamic Bank products.
References
Aam. (2019). Prekdisi Pertumbuhan Perbankan Syariah di Indonesia Tahun 2020 dengan Quantitative Methods. Ekonomi Syariah, 4 No 2(November 2019 p-ISSN 2548-5032 e-ISSN 2714-769X).
Afif, N. S. (2020). Pengaruh Lingkungan Sosial, Budaya dan Psikologi Terhadap Keputusan Pembelian Online Di Kota Bogor. Jurnal Syntax Transformation, 1(10), 733–737.
Andrew. (2020). Perkembangan Perbankan Syariah di Indonesia. 2(3).
Annisa. (2016). Peran religiusitas dalam meningkatkan psychological well being. XI No 1(Al-AdYaN/Vol.XI, No.1/Januari-Juni/2016).
Arbiansyah, R., Sudaryanti, D., & Anwar, S. A. (2021). Pengaruh Lingkungan Sosial, Inovasi, Teknologi dan Modal, Terhadap Minat Berbisnis Pada Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang. E_Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi, 10(12).
Ayu. (2020). Perbankan Konvensional Dalam Perspektif Fikih Muamalat. 193–204.
Fadhilah, D. (2020). Pengaruh Pengetahuan Terhadap Minat Menabung Masyarakat Pesantren Di Bank Syariah. Jurnal Bilal: Bisnis Ekonomi Halal, 1(2), 31–37.
Fadillah, A., & Tifani, N. (2018). Pengaruh Lingkungan Sosial, Kepercayaan Merek, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada pengguna iPhone di Kota Bogor). Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 6(1), 9–16.
Hartiyani. (2017). Pengaruh lingkungan sosial dan gaya hidup terhadap perilaku konsumsi mahasiswa perogram studi pendidikan ekonomi FKIP UNS. Universitas Sebelas Maret.
Khairunnisa, I. A., & Cahyono, H. (2020). Hubungan pengetahuan, religiusitas, dan lingkungan sosial terhadap minat menabung menggunakan bank syariah. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 3(3), 1–14.
Kurniawan, A., Haspari, Y., & Icih, I. (2018). Pengaruh Pengetahuan (Knowledge), Keyakinan (Confidence), Keterampilan (Skill) dan Religiusitas Intrinsik tentang Perbankan Syariah terhadap Keputusan Pengambilan Kredit. Jurnal Akuntansi Dan Governance Andalas, 1(2), 95–128.
Meliani, A., Kosim, A. M., & Hakiem, H. (2021). Pengaruh Religiusitas, Gaya Hidup, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Busana Muslim di Marketplace. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 2(3), 174–186.
Putri, C. S., & others. (2016). Pengaruh media sosial terhadap keputusan pembelian konsumen cherie melalui minat beli. Jurnal Performa: Jurnal Manajemen Dan Start-up Bisnis, 1(5), 594–603.
Rahayu, U. (2022). Pengaruh Pengetahuan Produk Bank Syariah, Lokasi, Promosi, Religiusitas Dan Faktor Rasional Terhadap Keputusan Pedagang Pasar Windusari Kabupaten Magelang Dalam Memilih Produk Di Bank Syariah Dengan Minat Sebagai Variabel Intervening.
Romdhoni, A. H. (2018). Pengaruh pengetahuan, kualitas pelayanan, produk, dan religiusitas terhadap minat nasabah untuk menggunakan produk simpanan pada lembaga keuangan mikro syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 4(02), 136–147.
Ruhamak, M. D., & Syai’dah, E. H. (2018). Pengaruh word of mouth, minat konsumen dan brand image terhadap keputusan konsumen (studi pada pelajar lembaga kursus di area Kampung Inggris Pare Kediri). Ekonika: Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 3(2), 118–135.
Sari, S. P. (2020). Hubungan minat beli dengan keputusan pembelian pada konsumen. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(1), 147.
Sofia. (2017). Hubungan lingkungan sosial dengan efektifitas belajar mahasiswa sekolah tinggi ilmu kesehatan santo barromeus.
Sumantri, B. (2014). pengaruh kualitas pelayanan dan produk Pembiayaan terhadap minat dan keputusan menjadi nasabah di bank syariah. Jurnal Economia, 10(2), 141–147.
Vristiyana, V. M. (2019). Pengaruh Religiusitas Dan Pengetahuan Produk Halal Terhadap Penilaian Produk Halal Dan Minat Pembelian Produk Halal (Studi Kasus Pada Industri Makanan. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 20(1), 85–100.
Winarti, W. (2021). Pengaruh Pengetahuan Nasabah terhadap Minat Menabung Di BNI Syariah KCP Kuningan. Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman Kuningan, 2(2), 165–173.
Yuliani, E. (2021). Pengaruh Pengetahuan terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Bank Syariah Melalui Pemediasi Minat dan Kesadaran. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 2(2), 1–12.
Yulianto, A. (2014). Pengaruh Lingkungan Sosial, Perilaku Konsumen Dan Persepsi Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Bsi Yogyakarta. Khasanah Ilmu-Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 5(2).
Yunus, M. (2016). Analisis pengaruh kepercayaan, religiusitas dan kontribusi terhadap minat pedagang mengeluarkan zakat di baitul mal (studi kasus pada pedagang pasar los lhokseumawe). Pascasarjana Uin-Su.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nurul Fauzizah, Ari Setiawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright @2021. This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License ( https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/)
Journal of Halal Industry Studies is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.