Faktor-faktor yang mempengaruhi minat remaja menabung di bank syariah dengan pengetahuan sebagai variabel intervening

Authors

  • Ayu Putri Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Salatiga
  • Ari Setiawan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Salatiga

DOI:

https://doi.org/10.53088/jmdb.v2i3.165

Keywords:

Religiosity, Income, Promotion, Interest in saving, Knowledge

Abstract

This study analyzed the effect of religiosity, income, and promotions on the intention to save, with knowledge as an intervening variable. This quantitative research focuses on the population of the people in Medayu Village. The sample in this study used a purposive sampling technique, namely 100 respondents from Garuda youth in Medayu Village. The analysis tool uses path analysis. The results showed that income, promotion, and knowledge positively affected the intention to save. Religiosity does not affect the intention to save. Religiosity, income, and promotion have a positive effect on knowledge. Knowledge can mediate the influence of religiosity, income, and promotions on the intention to save.

Author Biographies

Ayu Putri, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Salatiga

 

 

 

Ari Setiawan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Salatiga

 

 

References

Amanda, S. M., & Shabri Majid. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi minat Menabung di Bank Syariah (Studi Kasus Dosen Universitas Syiah Kuala). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Islam, 1(2).

Andespa, R. (2017). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Nasabah dalam Menabung di Bank Syariah. Jurnal Lembaga Keuangan Dan Perbankan, 2(1).

Astuti, I. R. (2020). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Menabung di Bank Syariah Surakarta. Business Innovation and Entrepreneurship Journal, 2(3), 167–172. https://doi.org/10.35899/biej.v2i3.151

Darmawan, A., Indahsari, N. D., Rejeki, S., Aris, M. R., & Roqi Yasin. (2019). Analisis faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Nasabah Menabung di Bank Jateng Syariah. Jurnal Fokus Bisnis, 18(01).

Faisal. (2016). Faktor-Faktor yang mempengaruhi Minat Mhasasiswa untuk menjadi Nasabah di Bank Syariah (Studi Kasus Mahasiswa Ekonomi Dan Perbankan Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta). Jurnal Ilmu Ekonomi.

Febrian, W. D. (2018). Analisis Pendapatan Masyarakat Dan Bagi Hasil ( Mudharabah ) Terhadap Minat Masyarakat Menabung Pada PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk Cabang Pekanbaru. Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah, 1(2).

Hidayah, N. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Pedagang di Pasar Baru Panyabungan untuk Menabung di Bank Syariah Panyabungan. Skripsi.

Igayani, R. Y. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Menabung Mahasiswa Di Bank Syariah (Studi Kasus Mahasiswa Akuntansi Universitas Nusantara PGRI Kediri 2018). Artikel.

Kompasiana. (2020). No Title.

Kristiyadi, & Nur Zulfa. (2016). Pengaruh Kelompok Acuan, Religiusitas, Promosi, dan Pengetahuan tentang Lembaga Keuangan Syariah terhadap Minat Menabung di Koperasi Jasa Keuangan Syariah (Studi kasus pada BMT TAMZIZ Wonosobo). Jurnal Ekonomi Dan Keuangan, 5(9).

Kurniawan, M., & Eka Septiana. (2020). Pengaruh Financial Knowledge, Persepsi, Religiusitas, dan Disposible Income terhadap Minat Menabung di Bank Syariah (Studi pada Pelaku UMKM di Kecamatan Terbanggi Besar Lampung Tengah). Islamic Banking and Finance a Journal, 1(1). https://doi.org/10.1253/circj1947.12.11-12_202

Maghfiroh, S. (2018). Pengaruh Religiusitas, Pendapatan, dan Lingkungan Sosial terhadap Minat Menabung di Bank Syariah Pada Santri Pesantren Mahasiswi Darush Shalihat. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi, 7(3).

Mukti, R. Y., & Andri Octaviani. (2019). Pengaruh Pelayanan, Religiusitas, dan Tingkat Pendapatan terhadap Minat Menabung 2019 (Studi Kasus Bank BRI Cabang Palur Karanganyar). Jurnal AKUNTANSI, 6(01).

Mulyadi, N. (2013). Perilak Konsumen dalam Perspektif Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.

Nisak, A., Saryadi, & Sri Suryoko. (2013). Pengaruh Kelompok Acuan dan Pengetahuan tentang Perbankan Syariah terhadap Minat Menabung di Perbankan Syariah Semarang. Jurnal Perbankan, 1(1).

OJK. (2021).

Rahmawati, W. A. D. (2019). Pengaruh Promosi, Religiusitas, Kepercayaan, Dan Lokasi Terhadap Miat Masyarakat Menabung Di Bank Syariah Denga Pengetahuan Sebgai Variabel Intervening (Studi Kasus Masyarakat Desa Sraten Kab. Semarag).

Ramadhani, N. I., Susyanti, J., & M. Khoirul ABS. (2019). Analisis Pengaruh Tingkat Religiusitas, Pengetahuan dan Lingkungan Sosial Terhadap Minat Menabung Mahasiswa di Bank Syariah Kota Malang. E-Jurnal Riset Manajemen.

Sumarwan, U. (2014). Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Suparmoko. (1990). Pengantar Ekonomi Mikro. Yogyakarta: BPFE.

Swatsha, B. (2007). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Penerbit Liberty.

Syahriyal. (2019). Pengaruh Persepsi Nilai dan Pengetahuan Masyarakat terhadap Minat Menabung serta dampaknnya kepada Keputusan Menabung pada Perbankan Syariah di Banda Aceh. Jurnal Perspektif Ekonomi Darussalam, 4(1), 139–156. https://doi.org/10.24815/jped.v4i1.10930

Yuliati, R., Marijati Sangen, & Ahmad Rifani. (2016). Pengaruh Nilai-Nilai Agama, Kualitas Layanan, Promosi, dan Kepercayaan terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Bank Syariah di Banjarmasin. Jurnal Wawasan Manajemen, 4(2).

Zakaria, L. D., Afifudin, & Mawardi, M. C. (2020). Pengaruh Religiusitas, Fasilitas Layanan, Literasi Keuangan dan Bagi Hasil terhadap Minat Mahasiswa untuk Menabung di Bank Syariah. E-JRA, 09(11).

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

Putri, A., & Setiawan, A. (2022). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat remaja menabung di bank syariah dengan pengetahuan sebagai variabel intervening. Journal of Management and Digital Business, 2(3), 139–149. https://doi.org/10.53088/jmdb.v2i3.165