Analisis efektivitas pengelolaan dana alokasi khusus bantuan operasional penyelenggaraan pendidikan anak usia dini (BOP-PAUD)

Studi Kasus Pada TK Kemala Bhayangkari 62 Boyolali

Authors

  • Anita Ambar Arum Institut Teknologi Bisnis AAS Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.53088/kurva.v1i3.1123

Keywords:

BOP-PAUD, Fund management, Effectiveness, Early Childhood Education, Financial Management

Abstract

This study aims to analyze the management of the Special Allocation Fund for Operational Assistance in Early Childhood Education (BOP-PAUD) at TK Kemala Bhayangkari 62 Boyolali, focusing on its compliance with the principles of BOP fund utilization and the effectiveness of its management during the 2021–2023 period. The research is grounded in the importance of transparent, accountable, and well-targeted educational funding to enhance the quality of early childhood education services. A descriptive quantitative approach was employed, with data analysis encompassing data reduction, data presentation, conclusion drawing, and effectiveness assessment based on predetermined indicators. The findings reveal that the management of BOP-PAUD at TK Kemala Bhayangkari 62 Boyolali adheres to the implementation principles, including planning, execution, bookkeeping, reporting, and accountability. The management effectiveness during 2021–2023 is classified as high, although challenges remain, such as delays in fund disbursement and limited supporting resources.

References

Admaja, P. D., & Hamid, M. S. (2024). Evaluasi Pengelolaan Dana Alokasi Khusus Fisik Reguler Bidang Pendidikan Pada Dinas Pendidikan, Pemuda Dan Olahraga DIY. Jurnal Riset Manajemen Akuntansi Indonesia, 2(2), 361 – 374.

Arkarizki, D., Irawati, R. I., & Sukarno, D. (2023). Transparansi Organisasi Dalam Pengelolaan Informasi Publik Pada Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kota Bandung. JANE-Jurnal Administrasi Negara, 14(2), 594-605. https://doi.org/10.24198/jane.v14i2.45111

Depdiknas. 2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.

Depdiknas. 2009. Permendiknas No.58 Tahun 2009 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas

Karnila, K. (2021). Analisis Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Di SDN 118279 Sapil-pil II Kecamatan Torgamba Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Larasati, P. A., & Handayani, N. (2021). Analisis Transparansi, Akuntabilitas, Efektivitas Dan Efisiensi Dalam Pengelolaan Dana Alokasi Khusus Bantuan Operasional Paud Di KB Negeri Pelangi. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi (JIRA), 10(7).

Mardiasmo. (2016). Sistem Pengukuran Kinerja Sektor Publik: Telaah Kritis Terhadap Kebutuhan Pengukuran Kinerja Pemerintah Daerah. Jakarta.

Masruri, M., & Muazansyah, I. (2017). Analisis efektifitas program nasional pemberdayaan masyarakat mandiri perkotaan (PNPM-MP). Journal of Governance and Public Policy, 4(2), 363–393. https://doi.org/10.18196/jgpp.v4i2.2995

Miles, M.B, Huberman, A.M, & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A. Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications

Muhtar, M. A., Taufik, B. K., & Akil, H. (2021). Perencanaan keuangan sekolah dan upaya perbaikan sistem manajemen keuangan di RA-Abata Mardhotillah. PeTeKa, 4(3), 524-531. http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v4i3.524-531

Murdianingrum, Y., Sudiyono, S., Sulistiono, A. A., & Perdana, N. S. (2020). Efektivitas bantuan operasional penyelenggaraan pendidikan anak usia dini. Pusat Penelitian Kebijakan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Purba, D. S., Kurniullah, A. Z., Banjarnahor, A. R., Revida, E., Purba, S., Purba, P. B., Sari, A. P., Hasyim, H., Yanti, Y., & Butarbutar, M. (2021). Manajemen Usaha Kecil dan Menengah. Yayasan Kita Menulis.

Republik Indonesia. 1945. UUD 1945. Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 31. Jakarta: Sinar Grafika.

Republik Indonesia. 1996. Kepmendagri No. 690.900.327 tahun 1996 tentang pedoman penilaian kinerja dan keuangan. Jakarta.

Republik Indonesia. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 2 Tahun 2016 Petunjuk Teknis Penggunaan Dana BOP PAUD. Jakarta.

Riadi, E. (2016). Statistik penelitian, (analisis manual dan IBM SPSS). Yogyakarta: CV ANDI

Sjioen, A. E., & Ludji, S. R. (2020). Analisis Efektivitas Pengelolaan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) pada Sekolah Dasar Negeri Bonipoi 2 Kota Kupang. Inspirasi Ekonomi: Jurnal Ekonomi Manajemen, 2(3), 12–18. https://doi.org/10.32938/jie.v2i3.732

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Tanan, C. I. (2019). Analisis Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP) PAUD Pelangi Ceria Di Abepura. Jurnal JENDELA, 7(1), 1–10.

Wicaksono, K. W. (2015). Akuntabilitas organisasi sektor publik. JKAP (Jurnal Kebijakan Dan Administrasi Publik), 19(1), 17-26. https://doi.org/10.22146/jkap.7523

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

Arum, A. A. (2024). Analisis efektivitas pengelolaan dana alokasi khusus bantuan operasional penyelenggaraan pendidikan anak usia dini (BOP-PAUD): Studi Kasus Pada TK Kemala Bhayangkari 62 Boyolali. Kurva: Jurnal Ekonomi Manajemen Keuangan dan Bisnis, 1(3), 137–150. https://doi.org/10.53088/kurva.v1i3.1123