Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian produk Nobby Hijab Salatiga, dengan trust sebagai variabel pemoderasi

Authors

  • Destya Kusuma Anggraini Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Salatiga
  • Mochlasin Mochlasin Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Salatiga

DOI:

https://doi.org/10.53088/jhis.v2i2.757

Keywords:

lifestyle, product quality, religiosity, purchasing decisions, trust

Abstract

This research aims to determine the influence of lifestyle, product quality, and religiosity on purchasing decisions by using the trust variable as moderation. This type of research is quantitative and primary data is obtained through a questionnaire instrument. The research sample consisted of 96 consumers who had made purchases at Nobby Hijab Salatiga. Data were analyzed using statistical tests and MRA tests. Based on the research results, lifestyle and religiosity variables have a positive effect on purchasing decisions. Meanwhile, the product quality variable is proven to have no effect and is not significant on purchasing decisions. The majority of consumers do not make product quality their main goal. Consumers make purchases because they are obliged to fulfill basic needs. Based on the MRA test results, trust is able to moderate the influence of lifestyle, product quality and religiosity on purchasing decisions for Nobby Hijab Salatiga products.

 

References

Agape, N. (2019). Analisis Kepercayaan sebagai Variabel Moderating pada Pengaruh Persepsi Resiko terhadap Keputusan Pembelian Secara Daring di Tokopedia. In Studi Kasus Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Alawiyah, T., & Mochlasin, M. (2021). Peran Kepercayaan Dalam Memoderasi Pengaruh Sales Promotion, Advertisig Dan Religiusitas Terhadap Keputusan Menbung. Jurnal Hukum Dan Pembangunan Ekonomi, 9(2), 257. https://doi.org/10.20961/hpe.v9i2.54638

Amalia, F., & Yulianthini, N. N. (2022). Pengaruh Kepercayaan dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Bukalapak di Banyuwangi. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 4(2), 205–212.

Anwar, I., & Satrio, B. (2015). Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 4(12).

Assauri, S. (2013). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Badjamal, F. A. (2019). Pengaruh Gaya Hidup dan Ekuitas Merek terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Samsung di Kota Palu. Jurnal Ekonomi Trend, 7(2), 1–11.

Dessyaningrum, C., Samsir, & Yulia, E. (2020). Pengaruh kualitas mobile, harga, dan kualitas produk dengan kepercayaan pelanggan sebagai variabel moderasi terhadap keputusan pembelian online situs shopee. Jurnal Tepak Manajemen Bisnis, XII(3).

Ernawati, D. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hi Jack Sandals Bandung. JWM (Jurnal Wawasan Manajemen), 7(1), 17. https://doi.org/10.20527/jwm.v7i1.173

Hadi, K. (2015). Hijab, Trend, dan Aturan.

Hakim, L., Fathoni, A., & Minarsih, M. M. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Kepercayaan terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Variabel Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening pada Pizza Hut Cabang Simpang Lima. Journal Of Management, 1(1), 1–15.

Halik, A. (2016). Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa , Kualitas Layanan Bank Umum Syariah. JHP17 Jurnal Hasil Penelitian LPPM Untag Surabaya, 01(01), 123–148.

Herlambang, S. (2014). Basic Marketing: Cara Mudah Memahami Ilmu Pemasaran. Yogyakarta: Gosyen Publishing.

Imamuddin, M. (2017). Pengaruh label halal dan religiusitas terhadap keputusan pembelian mie instan mahasiswa IAIN Bukittinggi T.A 2016/2017. Ekonomika Syariah, 1(1), 34–47.

Kaharu, D., & Budiarti, A. (2016). Pengaruh Gaya Hidup, Promosi, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian pada Cosmic. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 5(3), 1–24.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen pemasaran Jilid 1. Jakarta: Indeks.

Laila, E. J., & Sudarwanto, T. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Jilbab Rabbani di Butik QTA Ponorogo. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 1(2), 1–9.

Maiza, F., Sutardjo, A., & Hadya, R. (2022). Pengaruh Kualitas dan Harga Produk terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Toko Nazurah Hijab di Kubang Tungkek Kabupaten Lima Puluh Kota. Jurnal Matua, 4(2).

Meliani, A., Kosim, A. M., & Hakiem, H. (2021). Pengaruh Religiusitas, Gaya Hidup, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Busana Muslim di Marketplace. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 4(2), 163–175. https://doi.org/10.47467/elmal.v4i2.535

Mongisidi, S. J., Sepang, J., Djurwati Soepeno, Ekonomi, F., & Manajemen, J. (2019). Pengaruh Lifestyle Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Nike ( Studi Kasus Manado Town Square ). Emba, 7(3), 2949–2958.

Muhaimin. (2002). Paradigma Pendidikan Agama Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muhajirin, K. (2018). Pengaruh Gaya Hidup terhadap Minat Beli Konsumen dalam Berbelanja Online (Studi Kasus pada Mahasiswa STIE BIMA). Jurnal Akrab Juara, 3(3), 2018.

Nashori, F., & Mucharam, R. D. (2002). Mengembangkan Kreativitas dalam Perspektif Psikologi Islam. Jogyakarta: Menara Kudus.

Paulina, M., & Mutiah, D. (2022). Persepsi Mahasiswa Islam Penghafal Qur’an terhadap Jilboobs sebagai Tren Baru. Jurnal Kajian Al-Qur’an Dan Tafsir, 3(2), 224–232.

Pavlou, P. ., & Gefen, D. (2004). Building Effective Online Marketplaces with Institution-based Trust. Information Systems Research, 15(1).

Phillip, K. (2008). Manajemen Pemasaran, Edisi Millenium, diterjemahkan Benyamin Molan. Jakarta: Prenhallindo.

Pradana, D., Hudayah, S., & Rahmawati, R. (2018). Pengaruh harga kualitas produk dan citra merek BRAND IMAGE terhadap keputusan pembelian motor. Kinerja, 14(1), 16. https://doi.org/10.29264/jkin.v14i1.2445

Prakosa, Y. B., & Tjahjaningsih, E. (2021). Pengaruh kualitas produk, gaya hidup, dan pengetahuan produk terhadap proses keputusan pembelian sepeda lipat di kota semarang. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 4(3), 361–374.

Priyatno. (2013). Analisis Korelasi, Regresi dan Multivariat dengan SPSS.

Putri, I. S. S. (2020). Pengaruh Religiusitas Terhadap Pemilihan Pakaian pada Wanita Muslim. Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi, 6(1), 9–14. https://doi.org/10.35313/jrbi.v6i1.1877

Sahetapy, J. P. (2013). Diferensiasi Produk, Strategi Merek, Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian Meubel UD Sinar Sakti Manado. Emba, 1(3), 411–420.

Sofuwan, T. M., & Nurrahmi, M. (2015). Pengaruh karakteristik konsumen terhadap keputusan pembelian produk asuransi pada PT Sequislife Insurance Cabang Palembang. Jurnal Ilmu Manajemen, 5(1), 1–14.

Sujarweni, V. W. (2014). SPSS untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Tana, S. O., & Bessie, J. L. D. (2020). 332923-Pengaruh-Gaya-Hidup-Dan-Kualitas-Layanan-D6976Bbe. Journal of Management (SME’s), 13(3), 1–16.

Winardi. (2010). Kepemimpinan dan Manajeman. Jakarta: Rineka Cipta.

Wulandari, S. (2021). Pengaruh Label Halal dan Religiusitas terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Konsumen Indomie di Sidoarjo). Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis Dewantara, 4(1), 21–26.

Zulfa, L., & Hidayati, R. (2018). Analisis Pengaruh Persepsi Risiko, Kualitas Situs Web, Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen E-Commerce Shopee Di Kota Semarang. Diponegoro Journal of Management, 7(3), 1–11.

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Anggraini, D. K., & Mochlasin, M. (2023). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian produk Nobby Hijab Salatiga, dengan trust sebagai variabel pemoderasi. Journal of Halal Industry Studies, 2(2), 87–99. https://doi.org/10.53088/jhis.v2i2.757