Peran moderasi halal lifestyle pada hubungan pengetahuan keuangan dan kepercayaan terhadap minat menabung masyarakat di bank syariah

Authors

  • Syahda Malyavitha Harisya Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Salatiga
  • Mochlasin Mochlasin Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Salatiga

DOI:

https://doi.org/10.53088/jhis.v1i1.119

Keywords:

Financial knowledge, Trust, Interest, Halal lifestyle

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of financial knowledge and trust on the interest of the millennial community in Semarang Regency to save in Islamic banks with the addition of a halal lifestyle as a moderating variable. This research is quantitative. This research uses the field research method. The samples used were 100 samples. The analysis method uses moderated regression analysis. The results of this study indicate that the financial knowledge variable has a positive but insignificant effect on people's interest in saving. The trust variable positively and significantly affects people's interest in saving. The halal lifestyle variable cannot moderate the influence of financial knowledge on people's interest in saving. The halal lifestyle variable cannot moderate the influence of trust on people's interest in saving.

References

Agustina, R., & Afriana, R. A. (2018). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Kebermanfaatan, Resiko Dan Kepercayaan Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Internet Banking Pada Pt Bank Bukopin Tbk Banjarmasin. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(2), 255–268.

Andespa, R. (2017). Pengaruh Budaya Dan Keluarga Terhadap Minat Menabung Nasabah Di Bank Syariah. Maqdis :Jurnal Kajian Ekonomi Islam, 2(1), 35–49.

Annisa, H., & Anwar, S. (2021). Determinan Keputusan Menabung Kaum Buruh Pada Perbankan Syariah Di Kudus : Peran Mediasi Niat Menabung. 1(1), 13–24.

Anwar, S. (2021). Pengembangan Media Literasi Keuangan Syariah Bagi I-Generation ( Internet Generation ) Sebagai Upaya Membangun Sharia Economic Society. 4(1), 681–695.

Aziz, A., Mufarizzaturrizkiyah, & Leliya. (2020). Perilaku Gaya Hidup Konsumtif Mahasiswamuslim (E. Kurnaesih (Ed.)). Cirebon: Cv. Elsi Pro.

Doney, P. M., & Cannon, J. P. (1997). An Examination Of The Nature Of Trust In Buyer–Seller Relationships. Journal Of Marketing, 61(2), 35–51.

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Ibm Spss 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro Gujarati.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Ibm Spss 25 (E. 9 (Ed.)). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Humaira, I., & Sagoro, E. M. (2018). Pengaruh Pengetahuan Keuangan, Sikap Keuangan, Dan Kepribadian Terhadap Perilaku Manajemen Keuangan Pada Pelaku Umkm Sentra Kerajinan Batik Kabupaten Bantul. Nominal, Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 7(1), 96–110.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2002). Prinsip-Prinsip Pemasaran (Bahasa Ind). Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, Kevin Lane. (2009). Manajemen Pemasaran (13th Ed.). Jakarta: Erlangga.

Kristiyadi, & Hartiyah, S. (2016). Pengaruh Kelompok Acuan , Religiusitas , Promosi Dan Pengetahuan Tentang Lembaga Keuangan Syariah Terhadap Minat Menabung Di Koperasi Syariah (Studi Kasus Pada Bmt Tamzis Wonosobo). Ekonomi Dan Teknik Informatika, 5(9), 44–63.

Lusardi, A., Van Rooij, M., & Alessie, R. (2011). Financial Literacy And Stock Market Participation. Journal Of Financial Economics, 101(2), 449–472.

Mappiare, A. (1997). Psikologi Remaja. Surabaya: Usaha Nasional.

Margaretha, F., & Pambudhi, R. A. (2015). Tingkat Literasi Keuangan Pada Mahasiswa S-1 Fakultas Ekonomi. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 17(1), 44–64.

Mochlasin. (2018). Consumer Behavior Perbankan Syariah: Peran Fatwa Haram Bunga Bank Terhadap Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keinginan Nasabah. Salatiga: Lp2m Iain Salatiga.

Muhamad. (2017). Manajemen Dana Bank Syariah. Depok: Rajawali Pers.

Nurrohmah, R. F., & Purbayati, R. (2020). Pengaruh Tingkat Literasi Keuangan Syariah Dan Kepercayaan Masyarakat Terhadap Minat Menabung Di Bank Syariah. Jurnal Maps (Manajemen Perbankan Syariah), 3(2), 140–153.

Pertiwi, D., & Ritonga, H. (2012). Analisis Minat Menabung Masyarakat Pada Bank Muamalat Di Kota Kisaran. Jurnal Ekonomi Dan Keuangan, 1(1), 61–69.

Peter, J Paul, & Olson, Jerry C. (2013). Perilaku Konsumen Dan Strategi Pemasaran (9th Ed.). Jakarta: Salemba Empat.

Putri, N. A., & Lestari, D. (2019). Pengaruh Gaya Hidup Dan Literasi Keuangan Terhadap Pengelolaan Keuangan Tenaga Kerja Muda Di Jakarta. Akurasi: Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, 1(1), 31–42.

Raihana, S., & Aulia, R. (2020). Pengaruh Pengetauan, Religiusitas, Lokasi, Dan Lingkungan Sosial Terhadap Minat Menabung Di Bank Aceh Syariah Cabang Jeuram. Jihbiz: Global Journal Of Islamic Banking …, 2(2), 110–123.

Robbins, S. P., & Judge, Timothy A. (2015). Perilaku Organisasi (16th Ed.). Jakarta: Salemba Empat.

Rohmatin, I., & Andjawati, A. L. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Niat Beli Ulang Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Ilmu Manajemen, 7(1), 104–112.

Saidani, B., Lusiana, L. M., & Aditya, S. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Website Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasaan Pelanggan Dalam Membentuk Minat Pembelian Ulang Pada Pelanggan Shopee. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 10(2), 425–444.

Sangaji, E. M., & Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen. Yogyakata: Penerbit Andi.

Satrio, E., & Siswantoro, D. (2016). Analisis Faktor Pendapatan, Kepercayaan Dan Religiusitas Dalam Mempengaruhi Minat Muzakki Untuk Membayar Zakat Penghasilan Melalui Lembaga Amil Zakat. Simposium Nasional Akuntansi Xix, 1(4), 308–315.

Setiadi, N. (2010). Perilaku Konsumen: Konsep Dan Implikasi Untuk Strategi Dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Prenada Media Grup.

Setiawan, R. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Minat Menabung (Studi Pada Mahasiswa Stia Yppt Priatim Tasikmalaya Tahun Akademik 2017/2018). Jak Publik (Jurnal Administrasi & Kebijakan Publik), 1(1), 79–85.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Yogyakarta: Penerbit Alfabeta.

Syahriyal. (2019). Pengaruh Persepsi Nilai Dan Pengetahuan Masyarakat Terhadap Minat Menabung Serta Dampaknnya Kepada Keputusan Menabung Pada Perbankan Syariah Di Banda Aceh. Jurnal Perspektif Ekonomi Darussalam, 4(1), 139–156.

Widodo, R. E. (2019). Pengaruh Gaya Hidup Halal, Harga, Dan Teknologi Informasi Terhadap Keputusan Generasi Milenial Di Yogyakarta Menggunakan Jasa Bni Syariah. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Wijayani, D. R. (2017). Kepercayaan Masyarakat Menabung Pada Bank Umum Syariah. 8(1), 1–12.

Zauwijul Ikrom. (2020). Pengaruh Pengetahuan Produk, Kualitas Produk Dan Citra Perusahaan Terhadap Minat Menggunakan Produk Bank Syariah Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderating (Studi Kasus Pada Masyarakat Kabupaten Kendal). Skripsi. IAIN Salatiga.

Downloads

Published

2022-05-30

How to Cite

Harisya, S. M., & Mochlasin, M. (2022). Peran moderasi halal lifestyle pada hubungan pengetahuan keuangan dan kepercayaan terhadap minat menabung masyarakat di bank syariah. Journal of Halal Industry Studies, 1(1), 32–44. https://doi.org/10.53088/jhis.v1i1.119