Faktor-faktor yang mempengaruhi minat baca siswa SMKS Muhammadiyah Long Ikis Kecamatan Long Ikis Kabupaten Paser

Authors

  • Sari Maharani Prodi Perpustakaan dan Sains Informasi, Universitas Terbuka
  • Almer Samantha Hidaya Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi, Universitas Islam Negeri Salatiga

DOI:

https://doi.org/10.53088/librarium.v1i1.684

Keywords:

Student, School Library , Siswa, Reading Interest, Minat Baca, Perpustakaan Sekolah

Abstract

Introduction. Reading can also be interpreted as a single process to obtain the important meaning of printed media. Reading carefully is not just a casual and intelligent movement but requires the reader to think effectively while reading the words in the book. In educational and learning environments, for example at school or nearby, reading is seen as a cycle towards understanding as an item that can be predicted. This research aims to find out what factors influence students' choices to read in the SMKS Muhammadiyah Long Ikis library as a place to study and to find out what variables most dominantly influence students' choices to read in the SMKS Muhammadiyah Long Ikis library as a place to study.

Data Collection Methods. This kind of research is a subjective examination with an illustrative methodology.

Data Analysis. Information was gathered using opinion poll techniques while considering a library research approach that utilizes references from books, logical diaries, and advanced papers to increase the diversity of field information, as well as strengthen examination interactions.

Results and Discussion. The results of the research show that: There are four factors that influence students' excellence in reading at Long Ikis Muhammadiyah Vocational School as a place of learning, namely the first is individual factors, the second is environmental factors, the third is technological development factors. , and the last is motivation.

Conclusion. The most common factors that influence students' choices in choosing to read in the Long Ikis Muhammadiyah Vocational School library as a place to study are individual factors.

=================

Pendahuluan. Membaca dengan teliti juga dapat diartikan sebagai proses tunggal untuk mendapatkan arti penting sebuah informasi dari media cetak. Membaca dengan teliti bukan sekadar gerakan santai dan cerdas, namun mengharuskan pembaca untuk berpikir efektif sekaligus membaca kata-kata di dalam buku. Dalam lingkungan pendidikan dan pembelajaran, misalnya di sekolah, membaca dipandang sebagai siklus menuju pemahaman sebagai suatu item yang dapat diperkirakan. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keputusan siswa untuk membaca di perpustakaan SMKS Muhammadiyah Long Ikis sebagai tempat belajar, dan untuk menentukan variabel mana yang paling berpengaruh terhadap keputusan siswa untuk membaca di perpustakaan SMKS Muhammadiyah Long Ikis sebagai tempat belajar.

Metode penelitian. Penelitian semacam ini merupakan penelitian subyektif dengan metodologi ilustratif. Informasi dikumpulkan dengan menggunakan teknik survey sekaligus mempertimbangkan pendekatan penelitian kepustakaan yang memanfaatkan referensi dari buku, dan makalah lanjutan untuk meningkatkan keragaman informasi lapangan, serta memperkuat interaksi peneliti.

Hasil dan Pembahasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Terdapat empat faktor yang mempengaruhi keunggulan siswa dalam membaca di SMKS Muhammadiyah Long Ikis sebagai tempat belajar, yaitu yang pertama adalah faktor individu, yang kedua adalah faktor lingkungan, yang ketiga adalah faktor perkembangan tekologi, dan yang terakhir adalah motivasi.

Kesimpulan dan Saran.Faktor paling umum yang mempengaruhi pilihan siswa dalam memilih membaca di perpustakaan SMKS Muhammadiyah Long Ikis sebagai tempat belajar adalah faktor individuKata kunci: Siswa, Minat Baca, Perpustakaan Sekolah

References

Amelia, T. U. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Baca Siswa Sd Negeri 125 Pekanbaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 29–40. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v9i1.7565

Anggriani, Y. (2020). Pemanfaatan Gadget dalam Meningkatkan Minat Baca Anak di Keluarga. JPUA: Jurnal Perpustakaan Universitas Airlangga: Media Informasi Dan Komunikasi Kepustakawanan, 10(2), 138. https://doi.org/10.20473/jpua.v10i2.2020.138-147

Dalman. (2014). Keterampilan Membaca. Jakarta: Raja persada.

Dwi Sunar Prasetyono. (2008). Rahasia Mengajarkan Gemar Membaca pada Anak Sejak Dini. Yogyakarta: Diva Press.

Hapsari, Y. I., Purnamasari, I., & Purnamasari, V. (2019). Minat Baca Siswa Kelas V Sd Negeri Harjowinangun 02 Tersono Batang. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(3), 371. https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i3.22634

Hari Santoso. (2005). Teknik dan Strategi Dalam Membangun Minat baca. Malang: UM

Ibrahim Bafadal. (2008). Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Ilmi, N., Wulan, N. S., & Wahyudin, D. (2021). Gerakan Literasi Sekolah dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2866–2873. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.990

In Triatma – E-Jurnal Skripsi Mahasiswa Tp.2016. Minat Baca Pada Siswa Kelas Vi Sekolah Dasar Negeri Delegan 2 Prambanan Sleman Yogyakarta. Journal.Student.Uny.Ac.Id. Diakses 18 September 2018 (07:02 Wib)

Khasanah, R. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Membaca Siswa Kelas Iv B Sd Negeri Ngoto Sewon Bantul Tahun Ajaran 2014/2015. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1.

Masri Sareb Putra. (2008). Menumbuhkan Minat Baca Sejak Dini. Jakarta: Indeks

Niswaty, R., Darwis, M., M, D. A., Nasrullah, M., & Salam, R. (2020). Fasilitas Perpustakaan Sebagai Media dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa. Khizanah Al-Hikmah : Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, Dan Kearsipan, 8(1), 66. https://doi.org/10.24252/kah.v8i1a7

Perpusnas. (2007). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007. Ятыатат, вы12у(235), 245.

Rahim, F. (2009). Pengajaran Membaca di SekolahDasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Retno, E. C. (2011). Peranan Orangtua Dalam Mengembangkan Minat Membaca Anak Di Taman Bacaan Satu Sembilan Patangpuluhan Wirobrajan Yogyakarta. https://eprints.uny.ac.id/26916/

Sudarsana, Undang. (2019). Pembinaan Minat Baca. Tangerang Selatan : Universitas Terbuka.

Triatma, I. N. (2016). Minat Baca Pada Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Negeri Delegan 2 Prambanan Sleman Yogyakarta. E-Jurnal Prodi Teknologi Pendidikan, 5, 166–177. www.bps.go.id

Waluyo, A. (2019). Optimalisasi Peran Perpustakaan Sekolah Guna Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik. Kemenag RI Kantor Wilayah Provinsi Gorontalo, 126–134. https://gorontalo.kemenag.go.id/opini/424/-

Downloads

Published

2024-03-01

How to Cite

Maharani, S., & Hidaya, A. S. (2024). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat baca siswa SMKS Muhammadiyah Long Ikis Kecamatan Long Ikis Kabupaten Paser. Librarium: Library and Information Science Journal, 1(1), 31–44. https://doi.org/10.53088/librarium.v1i1.684