Pengaruh harga, promosi, word of mouth, kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada minuman deles glenmore Banyuwangi
DOI:
https://doi.org/10.53088/kurva.v1i2.1126Keywords:
Harga, Promosi, Word Of Mouth, Kualitas Produk, Kualitas PelayananAbstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh variabel Harga, Promosi, Word Of Mouth, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian pada Minuman Deles Glenmore Banyuwangi. Data penelitian ini diperoleh dari penyebaran kuesioner pada objek penelitian. Metode pengambilan sampel yang digunakan yakni non-probability sampling dengan teknik Acidental sampling. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yakni konsumen pada Minuman Deles Glenmore dengan jumlah sampel sebanyak 60 responden. Analisis data yang digunakan yakni Uji Validitas, Uji Relibilitas, Uji Normalitas, Uji Multikolinieritas, Uji Heeteroskedastisitas, Analisis linier berganda, Uji Koefisien Determinasi, Uji t dan Uji F dengan menggunakan aplikasi SPSS Versi 20. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa secara parsial Variabel Harga, Promosi, Word Of Mouth, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan secara simultan Variabel Variabel Harga, Promosi, Word Of Mouth, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.
References
Abdulah, Thamrin, & & Tantri. (2013). Manajemen Pemasaran. Penerbit Raja Grafindo Persada.
Aditia, Rama, Nersiwad, B. U. (2023). Pengaruh Marketing Mix Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Minuman Mixue Cabang Mojosari. Manajemen Risetinovasi, 1(4), 01–18.
Ali Hasan. (2010). Marketing Dari Mulut Ke Mulut:Word of Mouth Marketing. Media Pressindo.
Anggreni, N., Lubis, M. T. A., & ... (2023). Pengaruh Word of Mouth Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Mixue Di Kota Medan. … Konferensi Nasional Social …, 268–278. https://ojs.polmed.ac.id/index.php/KONSEP2021/article/view/1259%0Ahttps://ojs.polmed.ac.id/index.php/KONSEP2021/article/download/1259/667
Babin, & Barry. (2015). Modelling Consumer Satisfaction and Word of Mouth: Restaurant Patronage In Korea. Journal of Sevices Marketing, 19(3), 133–139. https://www.researchgate.net/publication/235250657_Modeling_Consumer
Dwi Ramadhani, P., & PGRI Adi Buana Surabaya, U. (2023). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dalam Pembelian Minuman Di Kedai Es.Teh Indonesia Mojokerto. Journal of Sustainability Business Research, 4(3), 2746–8607.
Fanadya, H. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Minuman Suweger. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 10(1), 1–16.
Fandy Tjiptono. (2016). Service, Quality & Satisfaction (4th ed.). Andi.
Firdaus, M., & Muhaimin Dimyati, M. (2023). Analisi Multivariat dan Metode Kuantitatif Untuk Manajemen: Analisis Korelasi dan Regresi.
Ghozali. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hafid, A. (2022). 12. Ibdurrahman _ Hafid 2022_Cita Rasa, Harga, Kemasan. 1(2), 1–9.
Indrasari Meithiana. (2019). Pemasaran & Kepuasan Pelanggan (Cetakan Pe). Unitomo Press.
Kasmir. (2016). Kewirausahaan. PT Grafindo Persada.
Kotler, & Amstrong. (2009). Manajemen Pemasaran (Bob Sabran (ed.)). Erlangga.
Kotler, & Amstrong. (2019). Prinsip-Prinsip Pemasaran (Bob Sabran (ed.); 12 Jilid 2). Erlangga.
Kotler, P. (n.d.). Manajemen Pemasaran (W. Maulana, Adi Hardani (ed.); 13th ed.).
Lailatul Nadifah, M., Menuk Srihandayani, C., & Noerchoidah. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Keragaman Menu Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Kedai Yakini Cabang Krian Sidoarjo. Journal of Sustainability Business Research, 3(2), 53–62.
Leny Marlin Widyaningsih. (2023). PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DAWET KEMAYU. 14(0), 1–23.
Maryana, S., & Permatasari, B. (2021). Pengaruh Promosi Dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Technobiz, 4(2), 62–69.
Noya, S. B., Mananeke, L., & Raintung, M. (2020). Pengaruh Komunikasi Mulut Ke Mulut, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Baru Minuman Tea Break Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 8(2), 107–116.
Philip Kotler, & Keller. (2016). Principles Of Marketing (Global Edi). Pearson Education Limited.
Primadasari, A., & Sudarwanto, T. (2021). Pengaruh brand awareness , brand image, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian Kopi Janji Jiwa di Surabaya. JEBM: Forum Ekonomi, 23(3), 413–420.
Sugiyono. (2022). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF DAN R&D. 2022.
Yusuf, A., & Sunarsi, D. (2020). The Effect Of Promotion And Price On Purchase Decisions. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 4 (2). https://www.neliti.com/id/publications/377014/the-effect-of-promotion-and-price-on-purchase-decisions
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Serlina Oktavia Devi, Karim Budiono, Hamzah Fansuri Yusuf
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.