Faktor-faktor yang mempengaruhi niat beli dengan perceived quality sebagai variabel moderasi menggunakan pendekatan planned behavior theory

Authors

  • Riza Ihsani Riza Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Salatiga
  • Mohammad Rofiuddin Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Salatiga

DOI:

https://doi.org/10.53088/kurva.v1i1.1058

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of lifestyle, attitude, and religiosity on purchase intention with perceived quality as a moderating variable. This type of research is a quantitative study with a population of consumers of Rocket Chicken products spread throughout the city of Salatiga. The sampling technique in this study used purposive sampling totaling 100 respondents. The analytical technique used is Moderated Regression Analysis (MRA). The statistical test results show that attitude and religiosity have a positive effect on purchase intention, Meanwhile, lifestyle hurts purchase intention. Perceived quality can moderate the influence of lifestyle, attitude, and religiosity on purchase intention.

References

Adinata, K. J., & Yasa, N. N. K. (2018). Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Harga, Dan Sikap Terhadap Niat Beli Kembali Di Situs Lazada. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(8), 4153. Https://Doi.Org/10.24843/Ejmunud.2018.V07.I08.P05

Aditya, W. S., & Jatra, M. (2019). Pengaruh Persepsi Kualitas Produk, Pengalaman Belanja Online, Dan Akses Informasi Terhadap Niat Beli Ulang ( Studi Pada Pembelian Online Sepatu Sepak Bola Merek Specs Di Kota Denpasar). E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(4), 2524. Https://Doi.Org/10.24843/Ejmunud.2019.V08.I04.P23

Akhyar, K. F., & Pramesti, D. A. (2019). Pengaruh Religiusitas Dan Sertifikasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Empiris Pada Japanese Food Restaurant Di Magelang). Jurnal Analisis Bisnis Ekonomi, 13(2), 617.

Ayu, I., & Laksmi, M. (2016). Pengaruh Gaya Hidup Dan Sikap Etnosentrisme Terhadap Niat Beli Konsumen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana , Bali , Indonesia Melakukan Perawatan Tubuh Pada Era Modern Saat Ini Sudah Menjadi Kegiatan Rutin Yang Dilakukan Oleh Setiap Individu. 5(8), 5128–5154.

Azhhari, R. A., & Yuliana, Y. (2021). Pengaruh Gaya Hidup Terhadap Minat Beli Smartphone Vivo Pada Masyarakat Desa Jaharun B Dusun 1 Kecamatan Galang Kabupaten Deli Serdang. JEKKP (Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Kebijakan Publik), 3(1), 25–31. Https://Doi.Org/10.30743/Jekkp.V3i1.4072

Aziz, M. L., & Sulistiono, S. (2020). Pengaruh Sikap Konsumen, Periklanan, Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Konsumen The Jungleland Adventure Theme Park. Jurnal Ilmiah Pariwisata Kesatuan, 1(1), 43–52. Https://Doi.Org/10.37641/Jipkes.V1i1.326

Dirgantara, O. D. (2016). Pengaruh Pengetahuan, Kepedulian, Dan Sikap Terhadap Minat Beli Produk Hijau Yang Dimoderasi Oleh Perbedaan Gender (Studi Pada Konsumen Mobil Toyota LCGC Agya Di D.I. Yogakarta). Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Website: Www.Umy.Ac.Id

Febrian, D. E. (2018). Analisis Pengaruh Persepsi Kualitas, Harga Dan Sikap Terhadap Niat Beli Produk Private Label Merek “Giant”(Studi Pada Pengunjung Hypermarket Giant Maspion …. Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 6, 1–8. Https://Ejournal.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Jim/Article/View/22571

Ibnunas, B. G., & Harjawati, T. (2021). Pengaruh Religiusitas Terhadap Minat Pembelian Produk Halal. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 1(2), 85–100. Https://Doi.Org/10.32493/Jmw.V1i2.10105

Ikhsan, R. R. N., & Sukardi, S. (2020). Pengaruh Religiusitas, Sikap, Norma Subjektif, Dan Kontrol Perilaku Terhadap Niat Membeli Produk Kosmetik Halal Di Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini, 11(1), 49. Https://Doi.Org/10.36982/Jiegmk.V11i1.1061

Kussudyarsana, K., & Devi, N. Y. (2020). Pengaruh Pengetahuan Lingkungan Dan Sikap Konsumen Terhadap Niat Beli Produk Ramah Lingkungan (Studi Pada Konsumen Air Mineral ADES Di Kota Klaten). Jurnal Fokus Manajemen Bisnis, 10(1), 87. Https://Doi.Org/10.12928/Fokus.V10i1.2065

Kotler, Dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi Ke 13. Jakarta: Erlangga

Leeraphong, A., & Mardjo, A. (2013). Trust And Risk In Purchase Intention Through Online Social Network: A Focus Group Study Of Facebook In Thailand. Journal Of Economics, Business And Management, 1(4), 314–318. Https://Doi.Org/10.7763/Joebm.2013.V1.68

Mintardjo, C. M., Mandey, S., & Binalay, A. G. (2016). Pengaruh Sikap, Norma Subjektif Dan Motivasi Terhadap Minat Beli Secara Online Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Di Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 4(1), 395–406.

Novianti, A. D., & Hakim, L. (2021). Pengaruh Pengetahuan, Produk Dan Religiusitas Terhadap Minat Menabung Dengan Variabel Moderating Persepsi. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 9(1), 116–122. Https://Doi.Org/10.26740/Jpak.V9n1.P116-122

Pramintasari, T., & Fatmawati, I. (2017). Pengaruh Keyakinan Religius, Peran Sertifikasi Halal, Paparan Informasi, Dan Alasan Kesehatan Terhadap Kesadaran Masyarakat Pada Produk Makanan Halal. Jurnal Manajemen Bisnis, 8(1), 1–33.

PUJI, P. M., Della Saputri, Aprianti, Devi Arisandi, Putri Wahyu Ikasanti, & Tri Wahyuni. (2021). Pengaruh Harga & Gaya Hidup Terhadap Minat Beli Masyarakat. E-Bisnis : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 14(1), 91–102. Https://Doi.Org/10.51903/E-Bisnis.V14i1.370

Putri, Y. A. (2019). Pengaruh Bauran Promosi Dan Gaya Hidup Terhadap Minat Beli Pada Kedai Kopi Serasi. Jurnal Manajemen Strategi Dan Aplikasi Bisnis, 2(2), 137–144. Https://Doi.Org/10.36407/Jmsab.V2i2.84

Riptiono, S. (1970). Pengaruh Lifestyle, Brand Awareness Dan Product Quality Terhadap Repurchase Intention Minuman Saribuah Buavita Dengan Purchasing Decisions Sebagai Variabel Intervening. Fokus Bisnis : Media Pengkajian Manajemen Dan Akuntansi, 12(1), 99–117. Https://Doi.Org/10.32639/Fokusbisnis.V12i1.62

Rohmatun, K. I., & Dewi, C. K. (2017). Pengaruh Pengetahuan Dan Religiusitas Terhadap Niat Beli Pada Kosmetik Halal Melalui Sikap. Journal Ecodemica, 1(1), 27–35. Https://Ejournal.Bsi.Ac.Id/Ejurnal/Index.Php/Ecodemica/Article/View/1420

Saputri, C. N. (2022). Pengaruh Kemudahan Penggunaan , Sikap Konsumen Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Niat Beli Ulang E-Wallet Shopeepay. SEIKO : Journal Of Management & Business, 5(C), 153–163. Https://Doi.Org/10.37531/Sejaman.V5i1.1522

Seni, N. N. A., & Ratnadi, N. M. D. (2017). Theory Of Planned Behavior Untuk Memprediksi Niat Berinvestasi. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 12, 4043. Https://Doi.Org/10.24843/Eeb.2017.V06.I12.P01

Shafer. (2016). Pengaruh Sikap Dan Fashion Leadership Terhadap Niat Beli Online Remaja Di Kota Denpasar. None, 5(6), 246230.

Sudarti, K., & Ulum, S. B. (2019). Peran Sikap Konsumen Dalam Memediasi Pengaruh Religiusitas Dan Reputasi Merek Terhadap Minat Beli Ulang. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 20(2), 48. Https://Doi.Org/10.30659/Ekobis.20.2.48-61

Tana, S. O., & Bessie, J. L. D. (2020). Pengaruh Gaya Hidup Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pelanggan X2 Family Resto And Karaoke Kupang). Journal Of Management : Small And Medium Enterprises (Smes), 13(3), 255–270. Https://Doi.Org/10.35508/Jom.V13i3.3306

Unud, E. M. (2015). PADA MOENA FRESH BALI DI KOTA DENPASAR Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana ( Unud ), Bali , Indonesia Pesatnya Perkembangan Perekonomian Di Bali Dapat Dilihat Dari Pertumbuhan Jumlah Ritel Modern , Salah Satunya Adalah Bisnis Penjualan Buah Se. 4(11), 3592–3618.

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Riza, R. I., & Rofiuddin, M. (2024). Faktor-faktor yang mempengaruhi niat beli dengan perceived quality sebagai variabel moderasi menggunakan pendekatan planned behavior theory. Kurva: Jurnal Ekonomi Manajemen Keuangan dan Bisnis, 1(1), 1–14. https://doi.org/10.53088/kurva.v1i1.1058