Peningkatan pemahaman materi rangkaian listrik Untuk Mahasiswa PGSD UMS melalui Media Elektroconnect

Authors

  • Salsabila Fajarwati Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Marwa Faridatul Afifah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Khoirun Nisa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Siti Rini Gusmiarni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Hanifatun Khoiriyah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.53088/jsel.v1i1.644

Keywords:

Elektroconnect Media, Electric Circuits, Student Understanding

Abstract

Electrical circuit material is often considered complex and requires in-depth understanding. This study aims to evaluate the effectiveness of Elektroconnect media in improving UMS PGSD students' understanding of the material. This study uses a classroom action research approach with four main stages, namely planning, action, observation, and reflection. The methods used include quantitative and qualitative approaches, with instruments in the form of pre-test and post-test questions. The results of the study showed an increase in student understanding after using Elektroconnect media, as indicated by a comparison of the pre-test and post-test results. These findings indicate that Elektroconnect media is effective in supporting the learning of electrical circuit material among UMS PGSD students.

References

Apriana, R. (2020). Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Kedokteran. Jurnal Medika Hutama, 2(1), 382–389.

Arima, F. (2019). Peningkatan Kompetensi Memahami Rangkaian Listrik Sederhana Melalui Model Project Based Learning Dengan Membuat Media Seri Paralel. Journal of Vocational Education and Automotive Technology PENDAHULUAN, 1(2), 33–40.

Ariska, M. (2015). Studi Pemahaman Konsep Siswa Pada Sub Konsep Rangkaian Listrik Arus Searah Di Kelas Xi Sma Negeri 1 Palembang. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 2(2), 147–154.

Dalam, W. W. W., & Sinarti, S. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Pemahaman Mahasiswa pada Mata Kuliah Auditing di Politeknik Negeri Batam. Journal of Applied Accounting and Taxation, 4(1), 100–106. https://doi.org/10.30871/jaat.v4i1.1110

Donuata, P. B. (2019). Efektivitas Pemberian Pre Test dan Post Test Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika Siswa. Chemur, 2(1).

Hidayah, N. N., & Sopyan, A. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Deduksi Hipotesis Terhadap Pemahaman Konsep Rangkaian Resistor Pada Listrik Arus Searah. Physics Communication, 1(1), 34–42.

Imro, H., Plosokerep, S. D. N., Blitar, K., & Email, C. (2022). Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Rangkaian Listrik Sederhana Dengan Model Pembelajaran Experiential Learning di Kelas Vi SDN Plosokerep 2. 3(02), 191–204.

Mulyani. (2015). Penggunaan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar tentang Rangkaian Listrik Seri dan Pararel Pelajaran IPA Kelas IV SD Negeri 3 Karanggandu Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(3), 45–54.

Muthia Putri, S., Azmi, F., & Khairina, N. (2022). Peningkatan Pemahaman Dan Pengetahuan Siswa Melalui Praktikum Hukum Kirchoff Di Madrasah Tsanawiyah. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(2), 843–849. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm

Prastyo, D., Anturi, A., & Fanny, A. M. (2017). Perbedaan Hasil Belajar Mahasiswa PGSD UNIPA Surabaya dengan Model Mnemonik pada Materi Peta, Atlas dan Globe Ditinjau dari Gaya Belajar Audio, Visual dan Kinestetik. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan …, 4(1), 199–207.

Rifa’i, M. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Media Labolatorium Virtual Materi Rangkaian Listrik Sederhana Kelas Vi Mi Nurul Hidayah. Prosiding Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 1316–1325.

Rochmawati, & Evy, N. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Logis Matematis terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Mahasiswa dengan Minat Belajar sebagai Variabel Intervening. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1612–1622.

Santoso, D., & Rochayati, U. (2015). Meningkatkan Proses Dan Hasil Belajar Rangkaian Listrik Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Stad. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 1(1), 26–36. https://doi.org/10.21831/elinvo.v1i1.10876

Sari, M. D. A. (2021). Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Rangkaian Listrik Melalui Penerapan Metode Eksperimen di Kelas VI Sekolah Dasar Negeri Pakualam 01 Tahun Pelajaran 2019/2020. Educatif Journal of Education Research, 3(1), 188–193. https://doi.org/10.36654/educatif.v3i1.167

Sulastri, N. M. (2021). Jurnal Transformasi Volume 7 Nomor 1 Edisi Maret 2021 PLS FIPP UNDIKMA. Jurnal Transformasi, 8(September), 75–80.

Tarmizi, T., Halim, A., & Khaldun, I. (2017). Miskonsepsi Dan Meningkatkan Pemahaman Konsep Materi Rangkaian Listrik Di Sma Negeri 1 Jaya. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 05(01), 5–11.

Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074

Yunita, Y., Halim, A., & Safitri, R. (2020). Meningkatkan Penguasaan Konsep Mahasiswa Dengan Simulasi Physics Eduaction and Technology (PhET). Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 7(1), 16–22. https://doi.org/10.24815/jpsi.v7i1.13492

Yusal, Y. (2022). Penerapan Ragam Media Visual Untuk Meningkatkan Level Pemahaman Konsep Daya Listrik Mahasiswa Calon Guru Fisika Tahun Akademik 2020/2021. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 8(1), 115. https://doi.org/10.31764/orbita.v8i1.8557

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Fajarwati, S., Afifah, M. F., Nisa, K., Gusmiarni, S. R., & Khoiriyah, H. (2024). Peningkatan pemahaman materi rangkaian listrik Untuk Mahasiswa PGSD UMS melalui Media Elektroconnect. Journal of Smart Education and Learning, 1(1), 39–48. https://doi.org/10.53088/jsel.v1i1.644