Pengaruh metode jarimatika dan metode sempoa terhadap kemampuan perkalian Mahasiswa PGSD Universitas Muhammadiyah Surakarta

Authors

  • Haikal Fikri Difansyah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Lukita Apsari Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Muhammad Nizar Ibnu Zaki Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Putri Novitasari Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Vivin Putri Aryanti Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.53088/jsel.v1i2.641

Keywords:

Multiplication ability, Jarimatika method, Abacus method

Abstract

Learning mathematics is a teaching and learning process built by teachers to develop students' creative thinking and can improve the ability to construct new knowledge as an effort to improve good mastery of mathematical material. The purpose of learning mathematics is so that students are able and skilled in using mathematics. The research in this article aims to find out which method is more effective in increasing the multiplication ability of UMS PGSD students. The subjects of this study were PGSD UMS students. Data collection techniques in this study used tests in the form of post-test questions. The research results in this article show that the jarimatics method is more effectively used to improve multiplication skills than the abacus method.

References

Amrulloh, T., Santoso, A., & Gipayana, M. (2017, June). Pembelajaran yang menyenangkan untuk penguasaan kemampuan matematika dasar siswa SD. In Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Kerjasama Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud 2016.

Annisa, F., & Marlina, M. (2019). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe index card match terhadap aktivitas dan hasil belajar matematika peserta didik. Jurnal Basicedu, 3(4), 1047-1054.

Anugrahana, A. (2020). Penerapan media sempoa untuk meningkatkan kedisiplinan, ketelitian, dan tanggung jawab mahasiswa kelas Inovatif Matematika. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 8(1), 89-95.

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Chairiyah, Y. (2021). Sejarah Perkembangan Sistem Pendidikan Madrasah Sebagai Lembaga Pendidikan Islam. MA'ALIM: Jurnal Pendidikan Islam, 2(01), 49-60.

Dadri, C., Dantes, N., & Gunamantha, M. (2019). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Gugus III Mengwi. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3(2), 84-93.

Dianto, R. (2018). Penggunaan Sempoa Untuk Meningkatkan Mental Aritmetika Siswa SD pada Pembelajaran Kabataku. Jurnal Equation: Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematika, 1(2), 145-152.

Hardiyanti, S., Maulana, M., & Julia, J. (2017). Pengaruh Pendekatan Kontekstual Berbantuan Jarimatika Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Dan Keterampilan Berhitung Siswa Pada Materi Perkalian. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 881-890.

Heswari, S., & Patri, S. F. D. (2022). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis android untuk mengoptimalkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2715-2722.

Juhji, J. (2016). Peran urgen guru dalam pendidikan. Studia Didaktika: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 10(01), 51-62.

Koto, F. R. (2019). Analisis Perbandingan Efisiensi Kerja Mesin Bensin Pada Mobil Tahun 2000 Sampai Tahun 2005 Dan Mobil Tahun 2018 Serta Pengaruh Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Dan Cara Perawatannya Sebagai Rekomendasi Bagi Konsumen. Journal Of Mechanical Engineering Manufactures Materials And Energy, 3(2), 76-83.

Lihu, M. A., & Zulfikar, R. N. (2021). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika dengan Pendekatan Konstruktivisme. MEGA: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 192-200.

Maflikha, M. (2020). Media Pembelajaran Berhitung Kelas 1 SD. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series (Vol. 3, No. 3, pp. 2276-2282).

Nur'aini, S., & Fitriawan, F. (2023). Pendampingan Guru Matematika dan Siswa SDN 05 Wagirkidul dan Dalam Meningkatkan Minat Belajar Berhitung Peserta Didik Melalui Metode Jarimatika. Social Science Academic, 67-78.

Nurani, A., & Ramadhani, N. (2014). Perancangan Buku Interaktif Jarimatika Penjumlahan dan Pengurangan sebagai Alternatif Pembelajaran Matematika untuk Anak Usia 5-7 Tahun. Jurnal Sains Dan Seni ITS, 3(1), F13-F17.

Nurazizah, A., Maulana, P., & Kusnandar, N. (2022). Pengaruh Metode Jarimatika Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Materi Perkalian. Jurnal Pendidikan Matematika Sebelas April, 1(1), 50-57.

Paimin, J. E. (1998). Agar anak pintar matematika. Jakarta: Penebar Swadaya.

Payung, Z. (2014). Penerapan Jarimatika Untuk Meningkatkan Kecepatan Berhitung Perkalian Bilangan Asli Siswa Kelas IV SDN 184 Inpres Ulusalu”. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 3(2), 563-574.

Pradana, A. A., & Ummah, J. (2020). Pengaruh Media Sempoa Terhadap Kemampuan Operasi Hitung Pengurangan Siswa Kelas II MI. PREMIERE: Journal of Islamic Elementary Education, 2(1), 94-102.

Prasasty, N., & Utaminingtyas, S. (2020). Penerapan model discovery learning pada pembelajaran matematika siswa sekolah dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 1(1), 57-64.

Prasetyo, J. B. (2018). Peningkatan hasil belajar operasi hitung pengurangan dengan medVia sempoa pada siswa tunarungu kelas dasar ii di sd negeri pojok sleman yogyakarta. Widia Ortodidaktika, 7(2), 168-177.

Prasetyo, J. B. (2018). Peningkatan hasil belajar operasi hitung pengurangan dengan media sempoa pada siswa tunarungu kelas dasar ii di sd negeri pojok sleman yogyakarta. Widia Ortodidaktika, 7(2), 168-177.

Sada, H. J. (2017). Peran masyarakat dalam pendidikan perspektif pendidikan Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 117-125.

Setiyadi, A. C. (2012). Pendidikan Islam Dalam Lingkaran Globalisasi. At-Ta'dib, 7(2).

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta

Sumar, W. T., & Razak, I. A. (2016). Strategi pembelajaran dalam implementasi kurikulum berbasis soft skill. Deepublish.

Suryaningrat, E. F., Muslihah, N. N., & Tiawati, L. (2021). Analisis Metode Jari Magic (Jarimatika) dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian dan Motivasi Belajar Siswa. Caxra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(1), 29-41.

Syahrizal, H., & Jailani, M. S. (2023). Jenis-jenis penelitian dalam penelitian kuantitatif dan kualitatif. QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 1(1), 13-23.

Yuniantika, D., & Harini, E. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Index Card Match Untuk Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas III SD N Wirokerten. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4(2).

Downloads

Published

2024-08-31

How to Cite

Difansyah, H. F., Apsari, L., Zaki, M. N. I., Novitasari, P., & Aryanti, V. P. (2024). Pengaruh metode jarimatika dan metode sempoa terhadap kemampuan perkalian Mahasiswa PGSD Universitas Muhammadiyah Surakarta. Journal of Smart Education and Learning, 1(2), 49–59. https://doi.org/10.53088/jsel.v1i2.641