Pengaruh label halal, kualitas layanan online, dan harga terhadap pembelian di Go Food
DOI:
https://doi.org/10.53088/jhis.v2i2.756Keywords:
Label Halal, Price, Keputusan Pembelian, Minat Beli, E-Service Quality, Purchase IntentionAbstract
This research aims to determine the influence of the halal label, e-service quality, and price on purchasing decisions, with purchase interest as an intervening variable. This research uses a quantitative method by processing primary data through a questionnaire distributed to 100 go-food customers. The data analysis method uses path analysis. The research results show that the halal label variable is insignificant in purchasing decisions, while e-service quality, price, and intention influence purchasing decisions. The halal label and price have a significant positive effect on purchase intention. However, e-service quality is not significant in terms of purchase intention. Meanwhile, e-service quality is insignificant in purchasing decisions, with purchase intention as an intervening variable. Meanwhile, the halal label and price are significant in purchasing decisions, with purchase intention as an intervening variable.
References
Amadea, C., & others. (2017). Pengaruh e-service quality terhadap minat beli ulang konsumen online Zalora.
Anggraini, D. S., Subhan, S., & Anita, E. (2020). Pengaruh Labelisasi Halal Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Impor Dalam Kemasan (Studi Kasus Mahasiswa FEBIUin STS Jambi). UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi.
Angraeni, S. B., & Aulia, P. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Driver Go-jek Terhadap Proses Keputusan Pembelian Layanan Go-food. EProceedings of Management, 7(3).
Anwar, I., & Satrio, B. (2015). Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 4(12).
Aptaguna, A., & Pitaloka, E. (2016). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Minat Beli Jasa Go-Jek. Widyakala Journal: Journal Of Pembangunan Jaya University, 3, 49–56.
Bakti, U., & others. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Pada Toko Online Lazada di Bandar Lampung. Jurnal Ekonomi, 22(1), 101–118.
Barriyah, K., & Suyanto, A. M. A. (2019). Pengaruh E-service Quality Terhadap Minat Beli Pengunjung Toko Online Shopee. co. id: Effect Of E-service Quality On Purchase Intention Visitor Online Store Shopee. co. id. EProceedings of Management, 6(1).
Bulan, T. P. L. (2016). Pengaruh labelisasi halal terhadap keputusan pembelian sosis di Kuala Simpang kabupaten Aceh Tamiang. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 5(1), 431–439.
Dalimunthe, L. E. (2021). Pengaruh Labelisasi Halal Produk Indomie Dan Harga Terhadap Minat Beli Masyarakat (Studi Kasus Masyarakat Desa Percut Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang). MUTLAQAH: Jurnal Kajian Ekonomi Syariah, 1(2), 1–15.
Gain, R., Herdinata, C., Sienatra, K. B., & others. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap keputusan pembelian konsumen Vodkasoda shirt. Jurnal Performa: Jurnal Manajemen Dan Start-up Bisnis, 2(2), 142–150.
Hartati, B. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Produk Cosmetics Jafra Pada PT. Jafra Cosmetics Indonesia. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 10(01), 123–137.
Ihsan, M., & Siregar, A. P. (2019). Pengaruh E-service Quality Terhadap Keputusan Pengguna Jasa Ojek Online Go-Ride dalam Aplikasi Go-Jek melalui Kepercayaan Konsumen di Kota Jambi. J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 4(1), 170–175.
IKP, P. A. dan. (2019). Perkembangan Ekonomi Digital di Indonesia Strategi dan Sektor Potensial. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 5–24.
Iltiham, M. F., & Nizar, M. (2020). Pengaruh label halal Majelis Ulama Indonesia (MUI), harga pada oleh-oleh makanan khas Pasuruan terhadap minat beli dan keputusan pembelian. Malia, 11(2), 311–326.
Ismayanti, N. W. N., Suardana, I. W., & Negara, I. M. K. (2015). Pengaruh Kepercayaan dan E-Service Quality Terhadap Keputusan Pembelian Akomodasi di Bali Pada Situs Booking. com. Jurnal IPTA ISSN, 2338, 8633.
Izzuddin, A. (2018). Pengaruh label halal, kesadaran halal dan bahan makanan terhadap minat beli makanan kuliner. Jurnal Penelitian Ipteks, 3(2), 100–114.
Jayusman, L. P. (2020). Pengaruh Celebrity Endorse, Service Quality, Dan Islamic Branding Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Konsumen Zoya Di Kota Salatiga.
Kamilah, G., Wahyuati, A., & Sekolah. (2017). Pengaruh Labelisasi Halal Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 6(2), 1–18.
Kojongian, R. (2019). Analisis Pengaruh Word Of Mouth, Iklan Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Intervening Pada Smartphone Xiaomi Manado. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen, 7(4).
Kurniasari, M., & Budiatmo, A. (2018). Pengaruh social media marketing, brand awareness terhadap keputusan pembelian dengan minat beli sebagai variabel intervening pada J. Co Donuts & Coffee Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 7(3), 152–159.
Kusuma, T. M., & Hermawan, D. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Social Influence Terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Online Food Delivery Service. Jurnal Perspektif, 18(2), 176–180.
Lutfiah, E. (2019). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Menggunakan Aplikasi Go-Jek Fitur Go-Food (Studi Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta). Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah.
Luthfiana, N. A., & Hadi, S. P. (2019). Pengaruh Promosi Penjualan dan E-service Quality Terhadap Minat Beli Ulang (Studi pada Pembeli di Marketplace Shopee). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 8(2), 97–104.
Mesenbourg, T. L. (2001). Measuring electronic business. US Census Bureau, Http://Www. Census. Gov/Estats.
Nanda, K. F., Ikawati, R., & others. (2020). Hubungan persepsi label halal MUI terhadap minat beli produk makanan pada mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Journal of Food and Culinary, 3(1), 1.
Nani, N., & Ulfa, A. (2020). Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Dipengaruhi Oleh Keputusan Pembelian Pada PT Tritanu Hubs Indonesia. Jurnal Semarak, 3(2), 66–72.
Nurfitriana, S., & Iriani, F. (2018). Citra Merek, Kualitas Produk, Harga Dan Pengaruhnya Pada Minat Beli Ulang Produk Kecantikan Wardah. Sebatik, 22(2), 56–63.
Nurhanah, D., Budianto, A., & Toto, T. (2019). Pengaruh Customer Trust Dan Customer Perceived Terhadap Loyalitas Pelanggan (Suatu Studi pada Toko Rabbani Tasikmalaya). Business Management and Entrepreneurship Journal, 1(2), 189–200.
Nurohman, Y. A., & Qurniawati, R. S. (2019). Keputusan Pembelian Produk Makanan Halal Di Lingkungan IAIN Surakarta. Among Makarti, 12(2).
Padilah, P., & Madiawati, P. N. (2020). Pengaruh E-Service Quality, Bauran Promosi, Dan Brand Awareness Terhadap Minat Beli Ulang Pada Pengguna Dana Di Bandung. EProceedings of Management, 7(2).
Prastiyani, M., & Suhartono, S. (2020). Analisis Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Smartphone Advan Melalui Citra Merek Sebagai Variabel Intervening Di Wilayah Yogyakarta. Jurnal Riset Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha Program Magister Manajemen, 7(1), 58–74.
Primaldhi, A., & Rakhmani, I. (2017). Hasil riset manfaat sosial aplikasi on demand: studi kasus Go-Jek Indonesia. Jakarta: Puskakom UI.
Rainy, A., & Widayanto, W. (2020). Pengaruh Keragaman Produk Dan E-Service Quality Terhadap Minat Beli Ulang Melalui Kepuasan Konsumen (Studi Pada Mahasiswa Universitas Diponegoro Pelanggan Zalora). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(1), 149–156.
Sitompul, S. (2021). Pengaruh Pengetahuan Label Halal dan Kesadaran Merek terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik melalui Rekomendasi Kelompok Sebagai Variabel Moderating. Shar-E: Jurnal Kajian Ekonomi Hukum Syariah, 7(1), 51–64.
Soleha, I., Arifin, R., & Slamet, A. R. (2017). Pengaruh Citra Merek Dan Persepsi Label Halal Terhadap Minat Pembelian Ulang Produk Kosmetik Zoya Malang. E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 6(02).
Solihin, D. (2020). Pengaruh kepercayaan pelanggan dan promosi terhadap keputusan pembelian konsumen pada online shop mikaylaku dengan minat beli sebagai variabel intervening. Jurnal Mandiri: Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi, 4(1), 38–51.
Sukron, A. R. M. (2019). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Islamic Branding dan E-Service Quality Terhadap Keputusan Pembelian di Tokopedia Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. IAIN Salatiga.
Tapscott, D. (1996). The Digital Economy: Promise and Peril In The Age of Networked Intelligence. P.T Abdi Tandur.
Wirayanthy, N., & Santoso, S. (2018). Pengaruh harga, citra merek dan kualitas terhadap minat beli produk private label. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 87–96.
Yunitasari, V., & Anwar, M. K. (2019). Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Kemasan Impor Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 2(1), 49–57.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 M. Zaenal Abidin Zaen
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright @2021. This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License ( https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/)
Journal of Halal Industry Studies is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.