Peran Islamic Social Reporting sebagai pemodaerasi profitabilitas, kebijakan dividen, dan leverage terhadap nilai perusahaan

Authors

  • Heni Widayanti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Salatiga
  • Abdul Aziz Nugraha Pratama Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Salatiga

DOI:

https://doi.org/10.53088/jadfi.v2i1.69

Keywords:

Profitability, Leverage, Firm Value, Islamic Social Reporting, Dividend Policy

Abstract

This study aimed to determine the effect of profitability, dividend policy, and leverage on firm value with Islamic Social Reporting as a moderator for companies on JII (Jakarta Islamic Indexes) in 2015-2019. The type of research used is quantitative, using secondary data. The sampling method is purposive sampling, with a total of 13 companies. The data analysis tool uses Moderated Regression Analysis. The results showed that profitability and dividend policy significantly positively affected firm value. Leverage does not affect firm value. The results of the moderation test show that the disclosure of Islamic Social Reporting can moderate the relationship between profitability and firm value. Disclosure of Islamic Social Reporting cannot moderate the relationship between dividend policy and leverage on firm value.

Author Biography

Abdul Aziz Nugraha Pratama, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Salatiga

 

 

References

Dewi, K. Y., & Rahyuda, H. (2020). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas Dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi Di Bei. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(4), 1252. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2020.v09.i04.p02

Hariani, P. P. (2018). Pengaruh Corporate Social Responsibility Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi Bisnis, 10(1), 99–113. https://doi.org/10.30813/jab.v10i1.985

Kartiko, Y. &, & Suryawardana, E. (2018). Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2018. E-Conversion - Proposal for a Cluster of Excellence, 18(3), 117–131.

Ningrum, U. N., & Asandimitra, N. (2017). Pengaruh Kinerja Keuangan, Struktur Modal dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan GCG dan CSR Sebagai Variabel Moderating Pada Perusahaan Peringkat Pertama ARA, ISRA dan Peringkat Emas Proper Yang Listing Di BEI Periode 2011-2015. Jurnal Ilmu Manajemen, 5(2016), 1–14. https://doi.org/10.1136/bmjopen-2017-016371

Nugraha, N., & Hidayati, S. A. (2018). Perusahaan Dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility ( CSR ) Sebagai Variabel Pemoderasi. 7(2), 72–85.

Ramadhani, R., Akhmadi, & Kuswantoro, M. (2018). Pengaruh Leverage Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kebijakan Dividen Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen Tirtayasa, 2(1), 21–42.

Raningsih, N. K., & Artini, L. G. S. (2018). Pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan dengan corporate social responsibility sebagai variabel moderasi. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 7(8), 1997–2026.

Sabrina, N. (2018). Pengaruh Profitabilitas Dan Leverage Terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi. BALANCE: Jurnal Akuntansi Dan Bisnis, 3(1), 324–333.

Samosir, H. E. . (2017). Pengaruh Profitabilitas Dan Kebijakan Utang Terhadap Nilai Perusahaan Yang Terdaftar Di Jakarta Islamic Index (Jii). Journal of Business Studies, 2(1), 75–83.

Suryaningsih, I., Andini, R., & Oemar, A. (2018). Pengaruh Kepemilikan Manajemen, Ukuran Dewan Komisaris & Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Moderating ( Studi Kasus Pada Perusahaan Industri Perdagangan Barang & Konsumsi Di Bei Periode Tah. Jurnal Of Accounting, 4(4), 1–20.

Utama, Y. A. P., & Fidiana. (2016). Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 5(3), 1–18.

Widyasasi, Y. &. (2020). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan. Journal of Management, 5(2020), 1–12.

Downloads

Published

2022-04-30

How to Cite

Widayanti, H., & Pratama, A. A. N. (2022). Peran Islamic Social Reporting sebagai pemodaerasi profitabilitas, kebijakan dividen, dan leverage terhadap nilai perusahaan. Journal of Accounting and Digital Finance, 2(1), 60–71. https://doi.org/10.53088/jadfi.v2i1.69