Penerapan reinforcement positive dengan metode drill untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan huruf pada anak low vision di slb kemala bhayangkari 2 gresik

Authors

  • Syilvia Carooline Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.53088/fukuri.v1i1.1579

Keywords:

Reinforcement Positive, Metode Drill, Low Vision

Abstract

Abstract

Writing is an activity of putting ideas into visual form, expressing language in the form of picture symbols, a complex activity that includes hand-arm movements, fingers and eyes in an integrated manner and also one component of a communication system that describes thoughts, feelings and ideas into the form of graphic language symbols. This study aims to improve the ability to write the beginning of letters in low vision children at SLB Kemala Bhayangkari 2 Gresik. This type of research is experimental research with a single subject (single subject research) who experiences low vision in class 1 SLB Kemala Bhayangkari 2 Gresik. The method used in this study is the drill method. This research design used the A1-B-A2 design pattern. Pretest (A1) was conducted in 4 sessions. Furthermore, the use of intervention (B) is given to the subject in the form of using the drill method in carrying out learning to write the beginning of letters, the intervention was conducted in 8 sessions. The last posttest (A2) was conducted in 4 sessions. The results of this study show that giving positive reinforcement with the drill method was able to make the subject experience an improvement in the ability to write beginning letters.

 

Abstrak

Menulis merupakan kegiatan menuangkan ide-ide kedalam bentuk visual, mengungkapkan bahasa dalam bentuk simbol gambar, aktifitas komplek mencakup gerakan lengan, tangan, jari dan mata secara terintegrasi, dan juga salah satu komponen sistem komunikasi yang menggambarkan fikiran, perasaan dan ide kedalam bentuk lambang- lambang bahasa grafis. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan huruf pada anak low vision di SLB Kemala Bhayangkari 2 Gresik. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan subjek tunggal (single subject research) yang mengalami low vision di kelas 1 SLB Kemala Bhayangkari 2 Gresik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode drill. Desain penelitian ini menggunakan pola desain A1-B-A2. Pretest (A1) dilaksanakan dalam 4 sesi. Selanjutnya penggunaan intervensi (B) ysng diberikan kepada subjek berupa penggunaan metode drill dalam melaksanakan pembelajaran menulis permulaan huruf, intervensi dilaksanakan dalam 8 sesi. Terkahir posttest (A2) yang dilaksanakan dalam 4 sesi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian reinforcement positive dengan metode drill mampu membuat subjek mengalami peningkatan dalam kemampuan menulis permulaan huruf.

Downloads

Published

2025-01-21